Buat temen-temen yang muslim yang sudah menyiapkan dana buat beli rumah kadang-kadang timbul dilema di dalam diri. Mau beli rumah tapi takut terkena riba, uangnya sudah ada tapi sistemnya yang tidak meyakinkan.

Tenang aja guys, Kita ada kok tips buat Kamu yang ingin bertransaki menggunakan cara-cara yang memenuhi kaidah Islam. Berikut ulasan singkatnya, cek!

Angsuran non Bank

Saat ini Kamu tidak harus membayar cicilan rumah melalui bank, Kamu bisa melakukan transaksi tanpa riba dengan membeli rumah dari pengembang/developer yang khusus dalam naungan Developer Property Syariah Indonesia (DPSI).

KPR Syariah

Kamu juga bisa membeli rumah dengan KPR Syariah. Bank yang menyediakan layanan KPR Syariah akan membeli rumah yang Kamu inginkan dan kemudian menjualnya kembali kepadamu, Kamu membelinya dengan cara mencicil. Berbeda dengan KPR konvensional yang menjadikan uang sebagai obyek transaksinya.

Skema bertahap

Skema ini masih merupakan variasi dari KPR Syariah, di mana Kamu mencicil langsung kepada pihak pengembang/developer dengan memilih jangka waktu cicilan tanpa dikenakan pinalti jika melunasi lebih awal.

Semisal Kamu mendapatkan rejeki nomplok di tengah-tengah masa cicilan dan tanpa pikir panjang Kamu langsung melunasi cicilan rumahmu, maka Kamu tidak akan mendapatkan biaya pinalti atau biaya denda karena melunasi lebih cepat.

Membeli rumah secara tunai

Sudah pasti membeli rumah dengan tunai atau cash keras akan menghindarkanmu dari riba karena Kamu tidak perlu lagi dipusingkan dengan bunga cicilan. Tapi, tentunya Kamu harus dapat mengumpulkan uang yang tidak sedikit untuk memboyong rumah impianmu sekaligus.

Selain itu Kamu juga harus mempertimbangkan harga rumah yang naik terus selama uang yang diperlukan untuk membeli rumah belum terkumpul.

Menjadi agen properti

Mungkin bisa dibilang cara ini unik ya, karena memang tidak semua orang bersedia untuk melakukannya. Kamu bisa membeli rumah yang Kamu impi-impikan dengan mengumpulkan komisi dari menjual properti lain.

Atau bisa juga Kamu memenuhi target penjualan dan memperoleh hadiah rumah untuk dirimu sendiri dan keluargamu.

Demikianlah tips membeli rumah tanpa riba, semoga bermanfaat.

Disadur dari intiland.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *