Apartemen adalah salah satu opsi tempat tinggal di kota, lokasinya yang strategis dari tempat kerja dan pusat kota bikin para karyawan dan profesional kepincut buat menyewanya.

Tapi ingat, ketika Kamu menyewa apartemen Kamu bakalan dibebani dengan berbagai macam biaya. Untuk lebih jelasnya, cek ulasan berikut ini skuy!

1. Biaya sewa

Sebelum menyewa apartemen, pastikan budgetmu cukup. Idealnya sih harus lebih dari sekedar uang sewa bulanan, soalnya Kamu bakalan ditagih biaya-biaya lainnya diantaranya seperti:

Biaya Awal

  • Uang jaminan
  • Sewa bulan pertama dan terakhir
  • Perabotan (jika diperlukan)
  • Biaya pindah
  • Biaya aplikasi (jika diperlukan)
  • Biaya Berkelanjutan

Kemudian masih ada lagi beberapa biaya bulanan yang harus Kamu perhitungkan yaitu:

  • Biaya utilitas
  • Makanan
  • Internet dan telepon
  • Parkir
  • Cucian
  • Pemeliharaan umum dan biaya kebersihan

Kalau sudah tahu biaya-biaya tersebut pasti kedepannya jadi lebih enakkan. Sebagai aturan umum, pastikan biaya untuk kebutuhan perumahan tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan total Kamu.

2. Join bareng temen

Jika Kamu belum bisa menyewa apartemen karena minimnya budget, santai aja gan. Kamu masih bisa menyewa apartemen barengan dengan teman Kamu. Nanti biayanya kan ditanggung bersama. Tinggal bagaimana nyari orang yang tepat untuk diajak tinggal bareng.

3. Cek langsung unit apartemennya

Brosur foto memang menggoda, tapi Kamu tetap harus survey lokasi untuk ngecek bangunannya langsung. Dengan begitu Kamu bisa melihat detail bangunannya, mengambil foto bangunan, dan Kamu juga punya bayangan bagaimana nantinya kalau Kamu tinggal di apartemen tersebut.

Tapi ingat, jangan terlalu cepat mengambil keputusan walaupun kelihatannya sudah cocok. Kamu masih bisa menanyakan kepada petugas perihal fasilitas apa saja yang ditawarkan serta kendala apa saja yang bakalan dihadapi.

4. Pahami perjanjian sewa

Perjanjian sewa adalah kontrak yang mengikat secara hukum antara Kamu sebagai penyewa dan pemilik sebagai tuan tanah. Dalam perjanjian tersebut diatur banyak hal mulai dari hal yang mendasar seperti durasi sewa, biaya pembayaran bulanan, dan konsekuensi keterlambatan pembayaran.

Tuan tanah juga dapat menggunakan dokumen ini untuk menetapkan aturan dan ketentuan mereka sendiri, jadi pastikan Kamu membaca perjanjian dengan teliti sebelum Kamu menandatangani apa pun.

Jika ragu, Kamu bisa meminta saran dari seorang profesional atau seseorang yang lebih berpengalaman.

5. Jalin hubungan baik dengan tetangga

Walaupun hidup di apartemen terkesan individualis, gak ada salahnya Kamu menjalin hubungan baik dengan tetangga sebelah Kamu. Hubungan baik dengan tetangga itu sangat penting terutama untuk jangka panjang. Kalau ada apa-apa kan Kamu dan tetanggamu bisa saling membantu.

6. Asuransi

Kamu bisa melindungi dirimu sendiri dan barang-barang milikmu dengan asuransi apabila terjadi kecelakaan, perusakan, pencurian atau bahkan bencana alam. Biaya

Biaya asuransi yang harus dibayarkan tentu tidak akan jauh lebih mahal dibandingkan jika hal buruk terjadi. Asuransi juga menjadi cara jangka panjang untuk menghemat biaya dan pengeluaran yang tak terduga.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *