Uang muka alias DP adalah modal awal untuk bisa memiliki rumah idaman. Dengan kata lain, semakin lama Kamu menunda mengumpulkan DP rumah, maka semakin lama pula Kamu mendapatkan kunci rumah idamanmu.

Biar Kamu lebih mudah ngumpulin uang muka, kenali hal-hal yang bisa menghambat Kamu untuk mengumpulkannya.

1. Nominal DP Cukup Besar

Nominal DP yang harus dibayarkan cukup besar, biasanya sekitar 10% – 30% dari harga rumah. Misalkan harga rumah Rp 500 juta, maka nominal DP yang harus dibayarkan adalah paling rendah adalah Rp 50 juta. Wah, gede juga ya.

Tapi tenang aja, ada kok developer yang memberikan promo cicilan uang muka. Bahkan ada juga yang memberikan program uang muka 1% buat Kamu yang gajinya dibawah Rp 5 juta.

2. Belum Mulai Menabung

Disiplin adalah kuncinya, Kamu harus membuat perencanaan pengeluaran diri atau rumah tangga untuk dijadikan acuan supaya Kamu bisa menyisihkan uang. Selain punya tabungan, Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan harianmu dengan cara ini.

Idealnya, paling tidak Kamu menyisihkan 20% dari gaji bulanan. Kamu juga bisa mengambil pekerjaan sampingan agar tabungan untuk uang muka dapat lebih bertambah.

3. Tidak Dapat Mengerem Diri

Ini nih, hal yang sering bikin seret adalah kebiasaan menghabiskan uang pada hal-hal yang gak penting. Misalnya hasrat bual beli baju, makan di resto, atau bahkan cuma sekedar ngopi-ngopi bareng teman.

Kalau dihitung-hitung, besar juga lho nominal yang keluar tiap bulannya. Maka dari itu sesegeralah Kamu mendahulukan hal-hal yang menjadi prioritas dan mulailah berhemat.

Oh ya, jika Kamu memang kesulitan mengatur pengeluaran, sangat disarankan Kamu untuk tidak membuat kartu kredit. Gunakan uang tunai untuk bertransaksi agar lebih terkendali.

4. Malas Mencari Celah

Saat ini cukup banyak bantuan pendanaan yang bisa Kamu gunakan untuk membantumu membayar uang muka. Hanya saja terkadang orang tidak menyadari hal tersebut dan malas untuk mencari tahu

Salah satu bantuan yang bisa dimanfaatkan adalah pinjaman uang muka dari BPJS Ketenagakerjaan. Syarat utamanya Kamu harus menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan selama setahun. Kemudian, seluruh aplikasi yang diajukan akan ditinjau lebih lanjut.

Jadi itulah hal-hal yang bisa menghambatmu mengumpulkan DP rumah, semoga Kamu bisa menghindarinya ya.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *