Ketika musim hujan tiba pintu rumah jadi sulit untuk dibuka dan ditutup. Ini adalah masalah klasik yang dihadapi oleh banyak orang karena memang pada dasarnya material kayu dapat memuai dan menyusut. Tergantung pada cuaca lingkungan, sedang panas atau hujan.

Berbeda dengan logam, material kayu akan memuai ketika hujan dan menyusut ketika panas. Hal tersebut terjadi lantaran ketika musim penghujan tiba, kandungan air dalam material kayu bisa meningkat dibandingkan ketika musim kemarau.

Kondisi udara yang basah dan lembab ini lah yang membuat material kayu jadi mengembang kembali seperti bentuk awal. Jadi wajar aja kalau pas musim hujan tiba-tiba pintunya susah digerakkan.

Tapi memang gak ujug-ujug ukurannya berubah, untuk dapat terjadi proses pemuaian dan penyusutan tetap ada ukuran standar kandungan air dalam material kayu. Biasanya, kandungan air yang dapat diserap sebesar 12 persen, tentu dengan catatan kondisi material kayu dalam keadaan kering.

Sebenarnya ada sejumlah kayu yang tidak mudah memuai seperti kayu jati, cendana, mahoni, dan lain sebagainya.

Ada sejumlah jenis kayu yang tidak mengalami pemuaian alias kayu yang tidak mudah memuai dengan mudah seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu cendana, dan masih banyak lagi. 

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi kayu memuai ? Nah, untuk itu cek aja ulasan artikel berikut ini!

Cara Mengatasi Pintu Kayu Memuai 

1. Memilih Kayu yang Tepat 

Menggunakan kayu solid maka permasalahan pun hilang. Kayu solid cenderung lebih kuat, tahan cuaca, awet, dan tidak keropos ketimbang kayu lapis yang dipadatkan. Kamu bisa memilih kayu yang sudah disebutkan di atas atau kayu lainnya seperti meranti, merbau, dan ulin. 

2. Memastikan Material Kayu Telah Kering 

Tanyakan saja pada penjual kayu ketika Kamu membeli kayu darinya, apakah kayu sudah kering setelah terkena sinar matahari atau hasil dari oven. Kalau Kamu tidak mengetahui level kering dari kayu, bisa-bisa kayu ini memuai atau menyusut lho.

3. Memilih Pintu yang Sudah Dipasang Pelapis 

Pastikan pintu kayu yang Kamu beli telah dilapisi veneer. Pelapis veneer ini mampu mencegah pintu menyusut atau memuai. Oh ya, jangan lupa tanyakan juga perihal pelapis ini kepada si penjual.

4. Menjemur Material Kayu 

Kalau pintunya sudah terlanjur terpasang tetapi belum kering gimana dong ?

Santai aja bro, pintunya tinggal dicopot terus di jemur di bawah sinar matahari langsung selama satu hari. Jangan lupa dibolak-balik ya pintunya, biar keringnya maksimal.

5. Mengecat Pintu Kayu 

Pintu kayu yang sudah dijemur sebaiknya dicat secara keseluruhan, jangan cuma pada bagian yang berpori. Cat dengan bahan dasar minyak dapat mencegah air menyerap ke kayu. Kamu bisa mengaplikasikan cat warna kesukaanmu setelah Kamu mengecatnya dengan cat berbahan dasar minyak.  

Seperti itulah ulasan artikelnya, semoga bermanfaat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *