Pintu adalah salah satu bagian penting di dalam rumah, fungsinya sudah jelas yaitu agar penghuni dapat keluar masuk ke dalam rumah ataupun antar ruangan. Pintu pun juga memiliki peran penting dalam beberapa furnitur seperti laci, lemari dan barang lainnya.

Karena itulah, jenis pintu yang berbeda maka berbeda pula fungsinya. Untuk lebih jelasnya, cek ulasan berikut ini!

1. Pintu depan eksterior   

Semua rumah pastinya punya pintu depan dong, pintu eksterior ini kesemuanya memiliki fitur yang mirip-mirip. Bahan yang digunakan pintu ini adalah bahan kayu yang kokoh dan tidak berlubang. Sudah lama material kayu menjadi pilihan pintu eksterior lantaran materialnya yang kuat, dapat diwarnai, dan dicat

2. Pintu interior      

Berbeda dengan pintu eksterior, pintu jenis ini biasanya berfungsi sebagai pemisah antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Materialnya pun juga terbuat dari bahan kayu yang tidak terlalu kokoh dan biasanya bobotnya lebih ringan, wajar saja karena memang pintu ini memang tidak diperlukan untuk memberikan keamanan atau tahan terhadap hujan dan matahari.

3. Pintu Belanda    

Pintu Belanda termasuk ke dalam jenis pintu eksterior. Pintu ini terbelah dua sehingga bagian atas dan bawah beroperasi secara independen. Kedua bagian pintu ini juga bisa dibuka, ditutup serta dikunci bersama. Disamping model pintunya yang unik, pintu Belanda ternyata juga cukup fungsional.

4. Pintu lipat ganda (Bifold)       

Pintu lipat ganda merupakan pintu interior ringan yang dilipat ke dalam atau ke arah pengguna. Pintu dapat dibuka secara bersamaan ketika pintu terlipat. Pintu jenis ini umum digunakan untuk menutup pakaian dan lemari ruang cuci.

5. Pintu Perancis       

Pintu Perancis juga merupakan pintu ganda yang di mana bagiannya lebih banyak terdiri dari panel kaca. Kedua pintu terbuka ke dalam. Ketika ditutup, pintu ganda akan bertemu, dengan satu pintu terpasang dengan aman di bagian atas dan bawah kusen pintu.

6. Pintu kaca geser         

Pintu jenis ini termasuk pintu eksterior yang umumnya digunakan di bagian belakang atau samping rumah. Pintu ini kerapkali dijadikan sebagai pintu untuk membuka ke teras atau dek rumah. Pintu kaca geser dapat membuat banyak cahaya masuk, tetapi juga bisa berangin.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *