Peluang bisnis ada dimana-mana tinggal Kitanya aja yang jeli melihatnya atau tidak. Misalnya saja di bidang pariwisata, ada banyak banget lho yang bisa dijadiin peluang usaha salah satunya adalah bisnis penginapan.

Bisnis penginapan modalnya gak sedikit jadi kedengerannya agak ngeri ya, tapi bukan berarti gak mungkin, apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan untuk meraih kesuksesan.

Nah, biar makin mantap, cek dulu aja beberapa tips yang bisa Kamu jalani dibawah ini!

Temukan Lokasi yang Tepat

Semua orang juga tahu kalau lokasi adalah faktor yang amat sangat penting buangett. Kalau bisnismu berada di lokasi yang tepat maka besar kemungkinan bisnismu bakalan laku keras.

Misalnya, Kamu punya bisnis homestay di area wisata, pastinya bakalan rame karena turis memang gak jauh-jauh dari situ. Atau mungkin punya bisnis kos-kosan yang lokasinya deket kampus, wah pasti jadi incaran para mahasiswa kan.

Riset lokasi juga harus sejalan dengan pasar yang Kamu inginkan, Kamu akan lebih mudah menentukan tempat untuk penginapan kalau target pasarmu jelas.

Tentukan Jenis Penginapan

Menentukan jenis penginapan juga gak kalah penting dan Kamu juga gak boleh asal-asalan mengeksekusinya. Oh ya, kalau Kamu punya properti yang gak kepake juga bisa Kamu manfaatkan lho, biar Kamu gak perlu membangun dari nol.

Nah, biar lebih jelas, berikut ulasan singkat soal jenis-jenis penginapan:

  • Hotel

Jenis penginapan ini skalanya besar ditambah dengan bangunan khusus. Hotel dikelompokkan ke beberapa tipe tergantung dari service, kualitas, dan aspek lainnya. Semisal hotel berbintang atau hotel melati. Kelas hotel juga ditentukan dari fasilitas yang disediakan.

  • Hostel

Hostel ini mirip-mirip dengan asrama karena satu kamar bisa untuk beberapa orang. Fasilitas seperti dapur, kamar mandi, dan lainnya juga bisa dipakai barengan sesama pengunjung.

  • Resort

Jenis penginapan yang biasanya menawarkan landscape yang wow banget. Lokasinya yang ada di sekitaran pantai atau pegunungan ditambah dengan berbagai fasilitas penunjang lengkap memang bikin banyak wisatawan kepincut sehingga memilih resort untuk menginap.

  • Villa

Belakangan ini villa lagi nge-trend, apalagi saat ini lagi rame-ramenya konsep liburan staycation. Agak berbeda dengan hotel, disini pengunjung dapat menyewa satu hunian untuk menginap sehingga menjadi lebih private. Ditambah lagi lokasinya yang tidak jauh dari alam, jadi makin mantab dong.

Bangun Penginapan dengan Maksimal

Setelah mengambil keputusan soal jenis penginapan, selanjutnya Kamu mulai mendirikannya dengan maksimal. Ga cuman kualitas bangunannya saja lho, tapi pastikan kreatifitasmu terpancar dengan baik melalui arsitektur, desain, hingga dari fasilitas-fasilitas penginapan yang Kamu sediakan.

Desain estetis memang lebih menarik, tapi jangan lupa soal perabotan agar pengunjung jadi lebih betah. Fasilitas seperti AC, tempat tidur, dan lainnya perlu dilengkapi, tapi jangan sampai malah bikin kantong bolong.

Penentuan Harga

Pasanglah harga yang pas, yang realistis dan sesuaikan dengan fasilitas, kualitas, dan lokasi penginapanmu. Kamu bisa melakukan survei harga terlebih dahulu dan bandingkan harga yang dipasang oleh kompetitor sehingga Kamu bisa mendapatkan harga yang cocok.

Atur Strategi Pemasaran

Setelah semuanya selesai, saatnya untuk melakukan promosi. Dengan kemajuan teknologi, banyak cara yang bisa Kamu lakukan buat promosi, seperti lewat social media. Bisa dibilang cara ini ampuh, apalagi kalau Kamu jago bikin konten. Tapi semisal Kamu gak mau repot, Kamu juga bisa untuk menggunakan jasa influencer.

Selain itu Kamu juga bisa mempromosikan bisnis Kamu lewat portal properti, contohnya seperti halaman web griya.id ini.

Jadi seperti Itulah teman-teman beberapa tips dan jenis penginapan yang harus Kamu ketahui kalau Kamu pengen terjun ke bisnis ini. Semoga bermanfaat ya!

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *