Kalau Kamu sering lihat rumah-rumah minimalis nan mewah, Kamu pasti gak asing lagi dengan atap bitumen, karena memang atap bitumen mulai banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis nan mewah.

Sekilas memang terlihat seperti genteng biasa pada umumnya. Tetapi kalau dilihat lebih dalam lagi, atap bitumen ini jauh lebih modern dan memiliki banyak keunggulan.

Lantas, apa sih hebatnya genteng bitumen ini ? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal komposisi atap bitumen

Komposisi bitumen sendiri sebenarnya mirip dengan genteng tanah liat. Sebab, bitumen terbuat dari berbagai material alami yang sarat akan kekuatan seperti alga coating, fiberglass maupun pasir batu. Bitumen juga sering disebut atap genteng yang dicampur aspal.

Keunggulan penggunaan bitumen 

1. Daya tahan yang sangat baik dan kuat 

Keunggulan bitumen yang paling utama adalah daya tahannya. Kekuatan bitumen ini sangat baik, khususnya dalam menahan air, api, dan angin kencang. Dari sisi operasional, hal ini tentunya sangat menguntungkan.

2. Usia pakai jangka panjang 

Ketika Kamu membeli atap rumah, biasanya Kamu akan mendapatkan garansi. Nah, khusus untuk atap bitumen garansi pakainya bisa sampai 20-30 tahunan lho, jadi lama banget yak. Tak ayal jika bangunan kokoh atau rumah gedongan menggunakan atap ini.

3. Bobot yang sangat ringan 

Dalam konstruksi rumah, bitumen mungkin layak disejajarkan dengan baja ringan yang berkualitas. Sebab, material bitumen terbilang ringan sehingga cocok untuk digunakan pada bangunan rumah. Aplikasi bitumen sendiri juga sering berkaitan erat dengan aplikasi baja ringan.

4. Jenis dan variasi yang sangat banyak 

Bitumen sangat cocok buat Kamu yang punya kepekaan soal sisi attention to detail. Sebab, variasi dan padu padan warna bitumen tergolong sangat banyak sehingga Kamu bisa menyesuaikannya dengan desain eksterior rumah.

5.  Meski sederhana, tapi tetap tampil estetis 

Secara kasat mata atap bitumen tampak sederhana, tetapi kalau dilihat lebih dalam lagi akan berbeda. Atap ini memiliki bentuk ukiran-ukiran tegas berbentuk lurus yang minimalis sehingga tampak sangat estetis.

6. Mampu menyesuaikan berbagai jenis atap rumah dan inspirasinya

Bitumen memang identik dengan hunian minimalis kekinian, tapi bitumen juga dapat disesuaikan dengan berbagai jenis rumah. Baik itu rumah klasik nan estetis maupun rumah tua. Bitumen juga bisa digunakan untuk menciptakan nuansa etnik yang penuh emosional.

7. Kedap Suara dan Nyaman

Terkadang suara hujan di genteng yang tak kunjung reda bisa mengganggu. Solusinya adalah dengan menggunakan atap bitumen karena dapat meredam suara bising dari rintikan air hujan

Kelemahan dalam aplikasi bitumen 

Dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki atap bitumen, tentu atap ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah harganya yang relatif lebih mahal ketimbang jenis atap lainnya. Ya maklumlah, ada kualitas ada harga.

Untuk pemasangannya pun cukup sulit, butuh tenaga yang andal karena tidak semua tukang dapat memasangnya dengan rapi sehingga bitumen bisa awet.

Belum lagi penyesuaian lainnya seperti harus sedikit mengubah konstruksi atap, multipleks baru dengan bahan khusus yang sesuai dengan bitumen. Jadi, pemasangannya tidak bisa langsung plug n play.

Perawatannya pun juga bisa dibilang tidak murah sebab ongkos perbaikan bitumen tidak sedikit, cukup menyita waktu pula. Untuk melakukan perbaikan pun harus memanggil tukang khusus.

Demikianlah sejumlah fakta menarik soal atap bitumen, semoga bermanfaat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *