Wastafel merupakan peralatan rumah tangga yang paling sibuk di dalam rumah. Mulai dari cuci piring, cuci peralatan masak, bahkan sampai buat mencuci bahan masakan. Jadi wajar saja kalau Kamu harus merawatnya dengan ekstra.

Tapi bagaimana ya kalau suatu saat wastafel kesayanganmu ini tiba-tiba mampet ? Tiba-tiba airnya penuh, piring dan gelas pada ngambang, terus Kamu main kapal-kapalan, hehe.

Kira-kira apa ya yang harus dilakukan ? Nah, pas banget nih. Kita ada solusinya brader, cekidot skuy!

1. Bongkar bagian saringan wastafel

Apabila sumbatan terjadi pada bagian saringan wastafel, maka Kamu tinggal bongkar bagian saringannya aja, terus dibersihkan. Sebab, kemungkinan ada banyak sisa makanan di sana yang menjadi biang keroknya.

2. Air panas (untuk yang berbahan alumunium)

Kalau Kamu punya wastafel yang terbuat dari alumunium, Kamu bisa meluruhkan kotoran-kotoran di dalamnya cukup dengan menggunakan air panas. Masukkan air pada panci kemudian panaskan, setelah itu tuangkan air panas tersebut ke dalam wastafel yang tersumbat. Ulangi berkali-kali sampai wastafelnya tidak mampet lagi.

3. Baking soda dan cuka

Wastafel mampet juga bisa diatasi dengan baking soda dan cuka. Kombinasi kedua bahan ini mampu menciptakan reaksi asam yang membuat kotoran dan sisa makanan melunak, sehingga mudah dibersihkan.

Caranya adalah dengan memasukkan satu cangkir baking soda ke dalam lubang saluran wastafel yang tersumbat. Kemudian masukkan setengah cangkir cuka ke dalamnya.

4. Tongkat penyedot (plunger)

Kamu tahu plunger, tongkat penyedot yang biasa digunakan untuk nyedot WC. Alat itu juga bisa lho dipakai untuk membersihkan wastafel cuci piring. Caranya gampang, Kamu cukup meletakkan plunger di ujung saluran pembuangan air di wastafel. Lalu tarik dengan kuat, tarik sekuat mungkin sebanyak 10 kali biar kotorannya benar-benar terlepas. Setelah kotorannya benar-benar terlepas, Kamu tinggal menuangkan disinfektan ke dalamnya.

Tindakan Pencegahan.

Sebelum Kamu membersihkannya, Sebenarnya Kamu juga bisa melakukan tindakan pencegahan ketika pertama kali memasang penyaring kotoran. Kamu bisa memilih kitchen sink yang ukurannya lebih panjang dan besar, berpori kecil dan rapat.

Demikian tips dari Kami, semoga bermanfaat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *