Mungkin banyak yang belum tahu cara menyimpan semen dan bata ringan dengan baik dan benar. Simak ulasan berikut ini agar Kamu jadi tahu, cekidot skuy!

Cara menyimpan semen

Simpanlah semen di tempat yang kering dan tidak lembap, apalagi kalau Kamu berencana menggunakan semen untuk waktu yang lama, beberapa minggu ke depan misalnya. Semen itu sangat sensitif terhadap air, kena sedikit air saja semen akan bereaksi dan akan mengeras.

Tempat yang tidak lembap di sini maksudnya bukan hanya sekedar tempat yang tidak basah tetapi juga aman dari resiko kelembapan. Untuk mengatasinya Kamu bisa membuat balok kayu yang dilandasi triplek sebagai tempat pijakan semen, jadi tidak langsung bersentuhan dengan lantai.

Pastikan tempat penyimpanan semen memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik mampu menghambat kelembapan udara.

Cara menyimpan bata ringan: Di tempat terkena sinar matahari

Bata ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete) yang telah keluar dari mesin autoclaved telah memiliki tingkat kekuatan yang hampir maksimum. Bata ringan AAC berbeda dengan bata ringan jenis CLC (Cellular Lightweight Concrete), bata ringan ini masih harus di“jemur” karena basah. Karena masih basah inilah kekuatannya belum sempurna sehingga lebih mudah hancur.

Kenapa harus di bawah sinar matahari?

Sebenarnya untuk menyimpan bata ringan di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari tidak ada hubungannya dengan kekuatan bata ringan, melainkan hanya persoalan “gudlooking”-nya saja.

Ketika bata ringan terkena air dan berisiko untuk lembap, biasanya akan muncul noda hitam semacam lumut pada bata ringan sedangkan beberapa orang lebih menyukai bata ringan yang putih. Lebih ke faktor estetika saja sebenarnya.

Noda hitam tersebut juga tidak akan berdampak pada kekuatan bata ringan. Toh, ketika Kamu memplester tembok permukaan bata ringan yang terkena noda juga bakalan tertutup semen. Tapi, sebagai langkah pecegahan alangkah baiknya jika Kamu menyimpan bata ringan di tempat yang kering dan tidak terkena air.

Disadur dari blessconbataringan.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *