Pandemi covid-19 yang melanda negeri plusnemdua sejak awal tahun 2020 ini hingga kini belum usai juga, tapi kabar baiknya indeks harga properti di pasar Indonesia mengalami peningkatan kembali pada kuartal III (Q3) tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Marine Novita, Country Manager Rumah.com melalui acara Webinar Rumah.com – Tren Hunian Pasca Pandemi, Perubahan Perilaku Pencari Hunian dan Adaptasi Pelaku Industri, Selasa (5/10/2021) kemarin.

Menurut Marine, peningkatan indeks harga properti Indonesia ini merupakan kabar baik bagi industri properti di Indonesia mengingat indeks harga properti Indonesia cenderung stagnan pada empat kuartal sebelumnya.

“Berdasarkan riset dari Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), indeks harga properti di Kuartal III-2021 mulai mengalami peningkatan. Indeks harganya bahkan naik sebesar 2,24 persen dari kuartal sebelumnya,” terang Marine.

Menurut data, maka kenaikan harga properti naik sebesar 1,97 persen dibandingkan dengan tahun lalu dan ini merupakan indikasi yang baik.

“Mudah-mudahan pada kuartal selanjutnya indeks harga tersu meningkat. Dengan harga yang semakin membaik, kita melihat optimism pasar properti untuk terus berkembang,” ungkapnya.

Selain indeks harga properti, sebenarnya minat terhadap listing properti juga terus meningkat di sepanjang tahun 2020 walaupun pandemi covid-19 baru pertama kali datang ke Indonesia.

Walaupun memang sempat mengalami penurunan yang tajam pada Bulan Juli 2021 lantaran adanya kebijakan pemerintah soal pembatasan wilayah dan aktivitas.

Namun, pada bulan Agustus 2021 kemarin pemerintah memberikan berbagai macam pelonggaran aturan sehingga kini listing properti sudah mulai membaik.

“Hampir semua aktivitas dilakukan dari rumah sehingga traffic di rumah.com meningkat. Ini menunjukan ada peningkatakn minat terhadap listing properti,” pungkas Marine.

For your information, listing properti adalah perjanjian surat kuasa jual untuk menjual properti dari pemilik properti kepada agen properti.

Dalam proses listing ini, sang pemilik berniat menjual atau menyewakan propertinya. Tetapi juga harus dibarengi dengan mereka yang berniat membeli atau menyewa properti dalam waktu dekat.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *