Kesadaran akan lingkungan mulai meningkat, hal ini lah yang memicu munculnya produk hijau. Industri cat dan pelapis pun juga tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan produk berbasis “VOC Rendah” atau “Nol VOC”.

VOC ini bukan kongsi dagang Belanda lho ya, VOC ini adalah Volatile Organic Compounds yaitu ukuran kandungan kimiawi berbahaya dalam cat. VOC ini adalah komponen kimia yang menguap ketika Kamu sedang mengecat atau sedang dalam proses pengeringan cat.

Hal ini penting untuk Kamu pahami dengan tepat apa maksudnya sehingga nantinya Kamu bisa mengambil keputusan yang tepat ketika membeli cat atau pelapis untuk hunian Kamu.

Mengurangi VOC dan Karbon Dioksida untuk meningkatkan produktivitas

Senyawa organik yang gampang menguap (VOC) adalah bahan kimia berbasis karbon yang gampang menguap ke udara pada suhu kamar.

Tapi tidak selamanya VOC yang berbahaya sangat beracun, tetapi tetap saja memiliki efek jangka panjang yang kompleks. Bahan dapat menyebabkan mual dan sakit kepala, bahkan membuat kerusakan pada hati dan ginjal.

Produktivitas juga dapat menurun apabila tingkat VOC di tempat kerja tinggi (lebih dari 500 gram per meter kubik). Aroma “cat baru” yang Kamu cium dapat mencakup etilen glikol, formaldehida, fungisida, dan benzena (bukan Benzema).

Terbukti Menghabiskan terlalu sering menghabiskan waktu di sekitar asap beracun dari cat dapat memperburuk gejala sinusitis dan asma. Pelarut akan menyerang saluran pernapasan bagian atas dan paru-paru ketika Kamu menghirupnya.

Begitu sampai di paru-paru, asap mendapatkan akses ke aliran darah dengan cepat dan dapat menyebabkan pusing, sesak napas, bahkan hingga pingsan. Kadar VOC yang tinggi dalam cat terutama dapat berdampak pada pasien asma dan sinusitis.

Selain itu, VOC juga dapat menimbulkan iritasi parah pada mata dan tenggorokan, serta sensasi terbakar di selaput hidung.

Bagaimana cara mengatasinya ? Salah satu solusinya adalah dengan membeli cat rendah VOC atau tanpa VOC sekalian. Harganya memang lebih mahal ketimbang cat tradisional, tetapi sepadan dengan manfaatnya.

Nah, untuk memudahkanmu, berikut adalah tips yang dapat dipertimbangkan sebelum Kamu membeli cat alami, cekidot skuy!

VOC rendah:

Bedanya antara VOC rendah dengan Nol VOC bisa diumpamakan seperti makanan dengan label “organik” dan “alami”.

Perbedaan antara VOC rendah dan tanpa VOC dalam cat bisa diibaratakan antara makanan berlabel “alami” dan “organik.”

Dibandingkan cat tradisional, cat dengan VOC rendah telah mengurangi jumlah senyawa organik yang mudah menguap sehingga bahan kimia berbahaya yang terlepas lebih sedikit.

Sudah banyak merek mengedarkan cat rendah VOC di pasaran, hanya saja harganya lebih mahal dan pengaplikasiannya pun membutuhkan banyak lapisan.

Nol VOC:

Label “Zero-VOC” tidak berarti cat tersebut benar-benar tidak mengandung VOC, hanya saja kadar VOC-nya berada di bawah batas yang diperbolehkan pemerintah.

Di Amerika sendiri, jika kandungan VOC-nya berada pada atau di bawah 5 gram per liter maka cat tersebut sudah layak disebut sebagai Zero VOC.

Cat Nol VOC juga dapat mengandung bahan kimia berbahaya lainnya, penambahan pigmen warna pada cat Zero VOC pun juga dapat meningkatkan senyawa organik yang mudah menguap sebanyak 10 gram per liter.

Namun, bahkan hingga pada level 10 gram per liter pun cat ini masih dianggap sebagai alternatif yang jauh lebih aman ketimbang cat non-Zero VOC.

Penambahan pigmen warna pada cat Zero VOC dapat meningkatkan jumlah senyawa organik yang mudah menguap sebanyak 10 gram per liter.

Cat Nol VOC juga dapat mengandung senyawa berbahaya lainnya; namun, bahkan pada level 10 gram per liter, cat ini dianggap sebagai alternatif yang jauh lebih aman daripada cat non-Zero VOC.

Cat Zero-VOC memang bisa lebih baik ketimbang cat dengan kontaminan yang lebih tinggi, tetap ada hal-hal yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum membeli cat Zero-VOC, di antaranya:

  • Dinding yang dilapisi tanpa cat VOC tidak boleh dibersihkan selama 30 hari setelah aplikasi awal, untuk membersihkannya pun tidak boleh menggunakan produk pembersih berbasis amonia.
  • Untuk menghilangkan kotoran dan noda dianjurkan menggunakan sabun dan air yang lembut.
  • Cat ini tidak mengandung fungisida, cat ini dapat terkontaminasi bakteri mikro.
  • Disarankan agar alat melukis tidak langsung dimasukkan ke dalam kaleng cat.
  • Wadah terpisah harus digunakan, dan cat harus disegel sesegera mungkin dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering.
  • Lebih banyak lapisan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang sama seperti cat VOC biasa.
  • Biasany diperlukan dua lapis untuk mendapatkan cakupan penuh.

Demikian ulasannya, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *