Sudah tentu menjadi seorang entrepreneur atau pebisnis sukses adalah dambaan beberapa orang. Entah itu bisnis kuliner, fashion, atau properti misalnya.

Memang banyak keuntungannya menjadi pebisnis, tapi meskipun begitu juga tetap harus memperhatikan faktor-faktor penting sebelum berbisnis.

Melansir Kontan.co.id, Senin (24/7/2017), yang Kamu butuhkan untuk memulai bisnismu adalah lokasi yang strategis. Salah satu opsinya adalah dengan ruko.

Nah, Kita akan mengulas lebih dalam lagi nih soal ruko. Simak tips-tips berikut ini:

1. Harga harus masuk akal

Banyak tantangan soal memilih ruko, terutama jika menyangkut harga beli. Untuk mengatasinya, ada baiknya Kamu memahami dulu kebutuhan bisnismu. Dengan begitu Kamu bisa menentukan berapa bujet untuk membeli sebuah ruko.

Harga ruko sepatutnya harus masuk akal, karena makin mahal makin besar pula risikonya. Hal ini berkaitan dengan kelayakan bisnis Kamu nantinya, juga berhubungan dengan potensi kenaikan dari harga ruko yang dibeli (capital gain) dan nilai sewa kalau Kamu ingin menyewakannya kembali (yield).

Selain itu, Kamu juga harus punya rencana apakah ruko yang Kamu beli khusus untuk berbisnis saja atau sekalian menjadi tempat tinggal. Ini bisa menjadi petunjuk buat Kamu tentang kebutuhan rukomu nanti.

2. Perhatikan reputasi pengembangnya

Developer atau pengembang dibalik ruko juga mesti Kamu perhatikan dengan seksama. Jangan sampai Kamu terlena dengan penawaran manis di awal, tapi akhirnya si developer tidak menepati perjanjian.

Maka dari, telusuri dulu latar belakang si developer, mulai dari track record-nya, siapa owner-nya, dan seberapa luas area yang sedang dikembangkan. Pasalnya, membuka bisnis di kawasan kota lebih menguntungkan karena fasilitas dan infrastrukturnya lebih luas serta penduduknya lebih padat.

Perlu Kamu ketahui, menjalankan bisnis di ruko yang dikembangkan dan dikelola kawasannya oleh developer dengan baik juga akan lebih menguntungkan. Dengan adanya keseriusan dari pengembangan kawasan oleh pihak developer, tentu pertumbuhan infrastruktur, fasilitas, dan populasi penghuninya bisa menjadi lebih jelas.

3. Lokasi yang strategis

Nah, ini yang Kita sebutkan tadi, lokasi strategis adalah kunci. Harga yang pas, developer terpercaya, dan lokasi strategis akan sangat baik untuk perkembangan bisnis Kamu.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah akses menuju ruko. Akses yang mudah tentu memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada konsumen. Tidak hanya akses menuju ruko, tetapi juga akses tempat parkirnya.

Lokasi strategis tapi akses parkirnya sempit juga akan sukar diminati. Paling tidak pilihlah ruko yang memiliki tempat parkir untuk mobil dan motor, kemudian carilah ruko yang menghadap ke jalan utama atau boulevard.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *