Salah satu ruangan yang paling sibuk tentunya adalah dapur. Dapur merupakan tempat untuk meracik bahan makanan menjadi santapan lezat bagi keluarga, setiap orang tentunya menginginkan dapur yang luas, yang bisa membuat kegiatan memasak mudah dan leluasa serta dapat menampung semua perabotan peralatan dapur.

Namun, tidak semua orang memiliki dapur yang luas. Ada juga yang ukuran dapurnya terbatas.

Tapi tenang aja, Kita ada nih 5 tips untuk membuat dapur rumah tampak makin luas, cekidot skuy!

1. Lemari dapur minimalis

Lemari atau kabinet yang minimalis tidak makan banyak tempat, sehingga ruangan jadi lebih lega. Pilihlah lemari dengan desain ringan, warna cerah, dan memiliki tampilan mewah untuk memberikan kesan luas.

Gunakan juga kabinet bawah yang ramping karena memberikan lebih banyak ruang lantai yang bisa membuat perbedaan besar untuk dapur yang sempit di rumah.

Atau Kamu juga bisa menggunakan kabinet dapur yang diletakkan di plafon dapur.

2. Masukkan perabotan makan ke dalam lemari

Setelah lemari atau kabinetnya siap, masukkan semua peralatan dapur ke dalam lemari. Dengan begitu akan tampak lebih rapi dan terasa lebih luas. Jangan lupa untuk menyusun rapi semua peralatan dengan baik di dalam lemari supaya memudahkanmu ketika ingin menggunakannya.

3. Pilih warna cat yang tepat

Pada dasarnya Kamu bebas memilih warna apa saja, tetapi kalau Kamu ingin dapur tampak lebih besar maka pertimbangkan untuk memakai satu atau dua warna saja.

Cara ini bisa membuat dapur terasa lebih luas serta dapat menciptakan tampilan yang lebih terkoordinasi. Kamu bebas memilih warna yang cerah atau elegan, yang penting tidak menggunakan banyak warna.

4. Gunakan pencahayaan yang pas

Pencahayaan juga gak kalah penting, gunakanlah beberapa pencahayaan dan pastikan pula setiap sudutnya terkena sorotan cahaya.

Misalnya, gunakan lampu berwarna putih sebagai lampu utama dengan posis berada di tengah atap atau dapur sehingga cahayanya dapat menyebar secara merata.

Gunakan pencahayaan berwarna kuning atau putih pada bagian sudut-sudut yang tidak terpapar cahaya, seperti pada pantry misalnya. Pencahayaan di pantry tidak hanya bikin dapur lebih luas tetapi juga menambah nilai estetik dapur.

5. Singkirkan barang yang tak dibutuhkan

Nah ini, salah satu kebiasaan buruk adalah menyimpan barang yang sudah tidak digunakan. Harusnya langsung dibuang saja karena penting untuk menjaga agar dapur tetap steril dan tidak berantakan. Dengan banyaknya barang yang tak digunakan tentu membuat dapur tampak sempit.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *