Ketika Kamu mengalami kesulitan untuk bisa tertidur pulas, sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa bikin hal itu terjadi. Mulai dari tingkat pencahayaan ruangan, faktor suhu ruangan, konsumsi minuman dengan kadar kafein tinggi, hingga Kamu memang lagi dilanda stres.

Dan ternyata masih ada satu faktor lagi yang bisa bikin Kamu susah tidur, yaitu desain dari kamar tidurmu sendiri.

Mengutip dari Better Homes & Garden, desain kamar tidur ternyata juga memiliki peranan penting dalam menentukan kepuasan tidur seseorang.

Dari survei yang dilakukan Sleep Junkie terhadap lebih dari 1.000 orang responden, ternyata tidur bisa lebih nyenyak dengan penataan furnitur tertentu. Studi tersebut menanyakan kepada peserta tentang bagaimana tata letak yang dapat membuat mereka tidur nyenyak.

Mereka diberikan pilihandengan berbagai penataan furnitur dan diminta untuk memilih mana yang paling mewakili desain kamar mereka sendiri.

Menurut survei tersebut, 75 persen responden memilih desain kamar dengan tata letak tempat tidur yang menempel dengan dinding, jendela yang menghadap ke samping dan tv yang berada di seberang tempat tidur.

Ternyata, menempatkan kasur di dinding kamar dan menghadap jauh dari pintu dan jendela mampu membatasi gangguan cahaya dari luar atau lorong yang bisa bikin tidur lebih nyenyak.

Di sisi lain, jendela yang berada di samping kasur dapat menyediakan pencahayaan dan menjadi alarm ;bangun yang efektif untuk memulai hari.

Ketika Kamu menata ulang furnitur kamar tidur, mungkin Kamu ingin mempertimbangkan untuk sekalian merapikannya.

Hasil survei mengatakan, sebanyak 73 persen responden dengan kamar tidur yang bersih melaporkan tidur nyenyak, sedangkan hanya 53 persen responden dengan kamar berantakan yang melaporkan tidur nyenyak.

Maka dari itu, Kamu juga perlu memperhatikan tata letak setiap furnitur di kamar tidur sekaligus rutin untuk membersihkan kamar tidur supaya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, yang lebih nyenyak, lebih enak, dan lebih mantab tentunya.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *