Pepatah mengatakan, “Banyak jalan menuju Roma”. Maksudnya adalah untuk sampai ke suatu tujuan, ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Untuk beli rumah pun, ada banyak jalan yang bisa dilalui.

Soal beli rumah, Kita bisa menabung dulu atau lewat jalur KPR yang beragam jenisnya. Kali ini Kita bakalan membahas khusus menabung, menabung emas untuk memiliki rumah. Dan ternyata, cara ini juga merupakan salah satu solusi tuk mendapatkan rumah idaman lho!

Cara Menabung Emas untuk Membeli Rumah

Para praktisi atau para pemain investasi emas ini kerap kali menggaungkan investasi emas lantaran diklaim merupakan salah satu jenis investasi yang memberikan keuntungan.

Alasannya karena emas tahan terhadap laju inflasi. Selain karena tingginya permintaan, harga jual emas pun tiap tahunnya naik terus, dan bahkan konon katanya, peningkatan emas bisa sampai 10 persen per tahun.

Wow, mantab kali bukan ?

Nah, karena itulah menabung atau investasi emas terbilang cukup ideal jika dipakai untuk membeli rumah idaman.

Lha terus, gimana caranya ? OK, langsung saja cekidot skuy!

1. Manfaatkan Tabungan Emas

Jasa menabung emas di luar sana ada banyak, Kita ambil contoh salah satunya adalah pegadaian. Tabungan emas di pegadaian adalah layanan penjualan dan pembelian emas. Emas yang diperjualbelikan berbentuk logam mulia 24 karat.

Caranya gampang, Kamu tinggal setor sejumlah uang, nanti uang tersebut akan dikonversikan menjadi logam mulia sesuai. Tentu beratnya sesuai dengan jumlah uang yang Kamu setorkan atau tabungkan.

Kelak uang yang ditabungkan tersebut berupa saldo emas yang bisa dicairkan, bisa cash maupun logam mulia.

2. Pasang Target yang Jelas Setiap Bulannya

Ingat, tidak ada hasil maksimal tanpa usaha keras. Pastikan setiap bulan emas yang kamu tabung, jumlahnya konsisten. Misalnya Rp 2 juta per bulan atau per dua bulan.

Perlu ditekankan, menabung emas adalah sebuah perjalanan panjang, pasti memakan waktu bertahun-tahun. Cara ini tidak cocok bila dilakukan dalam waktu cepat apalagi dengan rasa tidak sabaran.

.3. Gunakan Emas sebagai DP

Semisal Kamu sudah konsisten menabung, selanjutnya Kamu harus memasang target yang jelas. Tabungan emasmu nantinya bakal digunakan untuk membayar dp atau uang muka rumah incaran. Seberapapun targetnya tak masalah asal Kamu kejar dengan konsisten.

4. Gunakan Emas untuk Bayar Rumah Cash

Misalnya Kamu tidak ingin kredit, pengennya langsung cash keras, itu juga sah-sah saja. Tapi Kamu harus bisa lebih bersabar karena perjalanannya lebih panjang ketimbang untuk DP rumah.

Namun, Kamu tak usah khawatir, pasalnya nilai tabungan emas akan naik terus dan sedikitnya membantu dalam proses mengumpulkan uang untuk rumah.

Yang penting fokus dan tujuan jelas, pastikan Kamu sudah mempunyai tujuan yang ingin dicapai sebelum menabung. Misalnya berapa jumlah uang atau gram yang akan Kamu kumpulkan, berapa lama, dan lain sebagainya.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *