Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal dan dalam kondisi yang berbeda-beda pula. Sementara itu, memastikan rumah untuk tetap bersih adalah hal yang wajib dilakukan oleh orang-orang yang memiliki alergi atau penyakit asma.

Pertanyaannya adalah bagaimana membersihkan rumah jika memiliki alergi ?

Nah, Kamu gak usah bingung. Cek aja ulasan artikel berikut ini!

Dikutip dari The Spruce, Minggu (5/12/2021), berikut adalah tips membersihkan rumah buat Kamu yang punya alergi.

1. Kamar tidur

Banyak sekali permukaan lembut yang mampu menyerap debu di kamar tidur, maka dari itu harus rutin dibersihkan seminggu sekali, apalagi kalau penghuninya memiliki alergi.

Seprai, selimut, dan sarung bantal bisa Kamu cuci setiap minggu dan akan lebih baik lagi jika Kamu menggunakan air panas. Ingat, jangan menjemur kasur di luar ruangan hingga kering karena justru akan menyebabkan lebih banyak debu yang masuk ke dalamnya.

Jangan lupa membersihkan semua perabotan yang ada di kamar. Lalu, buat Kamu yang memiliki hewan peliharaan, jauhkan mereka dari kamar dan tempat tidur agar dapat terhindar dari lebih banyak bulu atau kotoran yang hinggap.

2. Kamar mandi

Area yang rawan akan jamur dan lumut ini bisa Kamu bersihkan dengan hidrogen peroksida, pemutih klorin, atau pembersih khusus jamur.

Untuk membasmi jamur di kamar mandi, Kamu bisa mencampurkan larutan air dan pemutih dengan ratio 3:1. Ingat, gunakan sarung tangan karet, sikat kaku untuk menggosoknya, dan juga pastikan ventilasi kamar mandi dalam kondisi baik.

Exhaust fan dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur serta pastikan semua peralatan dalam kondisi kering setelah Kamu gunakan.

Jangan lupa gantungkan handuk setelah digunakan dan cucilah semua peralatan, seperti keset kamar mandi atau tirai shower secara rutin.

3. Dapur

Sama seperti kamar mandi, dapur juga menjadi tempat favorit untuk ditumbuhi jamur, lumut, hingga kotoran serangga. Untuk mengatasi masalah ini Kamu juga bisa menggunakan exhaust fan.

Cobalah untuk memeriksa wastafel, lemari es, dan freezer secara teratur untuk menghindari kebocoran. Kalau perlu, bersihkan lemari es setiap minggu sekaligus memeriksa apakah ada makanan yang sudah kadaluarsa atau berjamur dan harus dibuang.

Untuk memastikan lemari penyimpanan bersih, Kamu bisa mengosongkan dan membersihkannya paling tidak 4 kali dalam setahun.

4. Mengurangi alergen di seluruh rumah

Tidak cukup dengan membersihkan rumah saja, tetapi juga mengurangi pemicu alergi alias alergen di rumah. Untuk melakukannya, Kamu bisa melakukan kontrol suhu kelembapan ruangan dengan mempertahankan suhu di angka 20 derajat celsius hingga 22 derajat celsius dengan kembapan tidak lebih dari 50 persen.

Kamu juga bisa memanfaatkan filter partikel kecil pada pemanas atau pendingin ruangan. Ingat, jangan lupa untuk menggantinya sebulan sekali.

Gunakan juga pembasmi hama dan tutup celah-celah yang bisa menjadi jalan mereka untuk kembali masuk ke rumah.  Penting untuk diingat, jangan merokok di dalam rumah dan rutin memandikan hewan peliharaan tiap minggu.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *