Salah satu tempat favorit menghabiskan waktu ketika di rumah adalah ruang keluarga. Tentu banyak sekali perabotan yang ada di ruang keluarga, seperti TV, sofa, meja, lemari dan lain sebagainya.

Segudang perabotan ini tentunya memakan tempat, apalagi kalau ruangannya terbatas, pasti akan terasa sumpek, sesak, dan tidak mengenakkan.

Tapi jangan khawatir, Kita ada nih tips-tips memilih perabotan untuk permasalahan di atas, cekidot skuy!

Perabotan Multifungsi

Perabotan dengan banyak fungsi merupakan unsur utama dari skema ruang keluarga ukuran terbatas. Cukup dengan satu desain sederhana saja dapat membuat ruangan lebih longgar sekaligus Kamu tidak kehilangan fungsi apapun.

Contohnya, Kamu bisa menggunakan meja minimalis dan modern yang memiliki ruang penyimpanan serta pijakan kaki.

Misalnya untuk meja, pilihlah yang minimalis dan modern, memiliki pijakan kaki, serta ruang penyimpanan.

Gabungkan Perabotan Penyimpanan

Perabotan penyimpanan individual seperti unit TV, rak buku, lemari untuk koleksi film atau musik, dll dapat memakan tempat di ruang keluarga.

Karena itulah, pilihlah satu perabotan yang bisa digunakan sebagai tempat TV, rak, hingga lemari. Aternatif lainnya adalah Kamu bisa memilih built-in furnitur. Sehingga ruang keluarga bisa lebih plong dan rapi.

Pilih Bentuk Perabotan yang Tepat

Ngomongin perabotan bukan hanya soal memilih, bentuk dan bahan dari perabotan tersebut juga bisa membantu ruangan sempit menjadi terasa lebih besar. Pilihlah perabotan dengan bagian kaki atau bawah yang ramping.

Lebih banyak lantai yang terlihat akan memberikan kesan luas. Baik itu berupa sofa atau kursi berlengan, rak buku, bangku kaki, dan lain sebagainya, yang penting cermati pijakannya.

Oh ya, pastikan Kamu mencermati bentuk perabotan secara keseluruhan. Pastikan ukurannya sesuai dengan tata letak ruang keluarga Kamu.

Sofa yang Tepat

Salah satu perabotan paling penting adalah sofa. Ruang keluarga kecil bukan berarti Kamu juga harus memilih sofa dengan ukuran kecil pula.

Kamu bisa menggunakan sofa yang cukup besar, tetapi dengan catatan bentuknya seperti memeluk dinding ruangan. Bentuk sofa yang seperti itu tidak memakan banyak tempat. Pilihlah sofa yang berwarna terang supaya secara visual tidak memberi kesan sesak.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *