Salah satu area rumah yang gampang sekali kotor adalah dapur. Maklum saja, dapur adalah area khusus untuk meracik makanan sehingga selain debu, sisa-sisa bahan makanan juga dapat mengotori dapur.

Namun, ketika membersihkan dapur kebanyakan orang hanya fokus kepada wastafel, lantai, dan permukaan meja sehingga lupa dengan keadaan lemari. Padahal, lemari juga termasuk yang paling banyak terpapar kotoran lho, sehingga permukaannya akan cepat kotor, kusam dan bergaris.

Pas sekali nih, Kita ada tips-tips yang bisa Kamu lakukan untuk membersihkan lemari dapur, cekidot skuy!

1. Gunakan larutan pembersih yang lembut

Untuk membersihkan lemari di dapur, jangan gunakan pembersih abrasif dan sikat besi. Pasalnya, penggosokan yang keras dapat merusak lapisan atau cat lemari dapur.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih lembut yang dicampur dengan sabun cuci piring dan air panas dengan perbandingan 2:1. Semprotkan cairan pembersih tersebut ke kain atau lap lembut ingat lembap. Ingat, jangan sampai kain terlalu basah karena justru akan merusak cat atau pelapis lemari Kamu.

Kemudian bersihkan setiap pintu lemari mulai dari atas ke bawah, beri perhatian ekstra pada setiap lekukan lemari di mana debu dan kotoran cenderung menumpuk. Gagang pintu serta bagian dalam pintu lemari juga jangan lupa dilap ya.

2. Gunakan bantuan sikat gigi bekas

Bagian lemari yang tak dapat dijangkau dengan kain lap bisa diakali dengan sikat gigi. Tinggal Kamu celupkan sikat gigi ke cairan pembersih tadi dan gosok ke bagian yang sulit dijangkau.

3. Bilas dengan air bersih

Setelah selesai melakukan langkah di atas, selanjutnya Kamu mengulangi sekali lagi membersihkan lemari tetapi kali ini Kamu tidak menggunakan sabun, melainkan menggunakan kain bersih yang sedikit dibasahi air hangat. Ini berfungsi untuk menghilangkan sisa larutan pembersih atau kotoran.

4. Keringkan lemari

Selanjutnya Kamu menggunakan kain lembut untuk mengeringkan semua permukaan yang lembap sehingga lemari dapur terlihat berkilau alami. Ini perlu dilakukan lantaran membiarkan lemari kering dengan sendirinya dapat merusak atau menggelembungkan lapisan cat.

5. Bersihkan noda membandel dengan baking soda

Setelah semua langkah di atas sudah Kamu lakukan tapi ternyata masih ada noda membandel, maka Kamu bisa menggunakan baking soda untuk mengatasinya.

Caranya, Kamu tinggal mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 2:1. Gunakan kain bersih dan kering untuk mengoleskan pasta baking soda ke bagian yang kotor. Diamkan pasta selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain lembab.

Gosok perlahan sampai seluruh noda membandel hilang. Lap kembali noda dengan kain yang dibasahi air, kemudian keringkan dengan lap lembut.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *