Buat Kamu yang pengen punya rumah sendiri tetapi kepentok di dompet, bisa jadi rumah tua adalah solusi yang tepat buat Kamu. Rumah lama atau yang berusia lebih tua memiliki harga jual yang relatif rendah ketimbang rumah yang baru dibangun.

Beberapa rumah tua pun juga memiliki pesona dan karakter yang unik sehingga bisa menjadi sebuah daya tarik untuk para calon pembeli.

Namun, walaupun membutuhkan bujet yang lebih sedikit ketimbang membeli rumah baru, Kamu tetap bisa merogoh kocek lebih dalam seiring dengan berjalannya waktu.

Buat berjaga-jaga, berikut adalah 4 pengeluaran khusus yang wajib Kamu siapkan ketika memutuskan untuk membeli rumah yang lebih tua.

1. Lebih banyak perawatan

Bisa jadi biaya perawatannya menjadi lebih mahal seiring bertambahnya usia rumah. Biasanya, biaya perawatan sekitar 1-4 persen dari nilai rumah. Tetapi pada rumah yang berusia tua bisa jadi pengeluarannya melebihi angka 4 persen.

Sebagai contoh, lantai rumah yang Kamu beli terbuat kayu keras asli. Tentu Kamu perlu mengamplas atau memoles lantai tersebut lebih sering ketimbang lantai yang lebih baru.

2. Lebih banyak perbaikan rumah

Pada saatnya nanti, beberapa sistem penyokong rumah bisa rusak sehingga menambah biaya perbaikan. Misalnya seperti AC atau pemanas air. Mengganti sejumlah peralatan di rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi jika Kamu membeli rumah yang lebih tua, Kamu tidak hanya harus menyiapkan biaya perbaikan, tetapi juga harus memiliki dana darurat. Dengan begitu, jika Kamu harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan, Kamu tidak perlu repot-repot hutang sana hutang sini.

3. Tagihan listrik lebih tinggi

Pada rumah baru sudah banyak peralatan yang dipasang dengan teknologi yang lebih hemat energi, sedangkan pada rumah tua tentu berbeda. Jadi, jika membeli rumah tua mungkin Kamu akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar listrik ketimbang jika Kamu membeli rumah baru.

Membeli rumah tua memiliki beberapa keuntungan, seperti harganya yang relatif rendah dan Kamu juga bisa memilki properti unik yang menonjol dari rumah-rumah lain. Tetapi, di sisi lain kedepannya Kamu mungkin akan mengeluarkan biaya-biaya yang tidak sedikit. Jadi, buatlah rencana keuangan yang cerdas dan tepat sasaran.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *