Walaupun masih dalam suasana wabah Covid-19, tahun 2002 ini secara perlahan pasar properti Asia diperkirakan akan membaik. Konsultan real estat global, JLL, meramalkan volume investasi 2022 menjadi sekitar 200 miliar dollar AS atau lebih dari 15 persen investasi pada sepanjang tahun 2021.

Tahun ini, aktivitas investasi meningkat dan mendukung pemulihan berkelanjutan dalam sewa di semua kelas aset. Hal itu bisa terlihat dari pasar perkantoran yang semakin kuat, permintaan tinggi untuk fasilitas logistik modern, serta sektor alternatif seperti ilmu hayati dan pusat data yang mengalami pertumbuhan berkelanjutan.

“Pasar real estat Asia Pasifik akan lebih kuat pada tahun 2022, karena investor mempertahankan bullish dan aktivitas leasing yang terus pulih,” ujar Anthony Couse, Chief Executive Officer JLL Asia Pasifik, seperti dilansir Channel News Asia.

Anthony tak memungkiri bahwa berbagai tantangan akan dihadapi dalam upaya menuju pemulihan ekonomi. Meskipun begitu, banyak klien JLL yakin bahwa aktivitas kerja bisa dapat berlangsung kembali dari kantor dalam waktu dekat.

“Sentimen investor positif meskipun ketidakpastian masih terjadi dan akan menjadi faktor pengambilan keputusan apa pun tahun ini,” imbuhnya.

Menurut perkiraan JLL, tahun 2022 ini pasar perkantoran Asia Pasifik bakal menambah pasokan 6,9 juta meter persegi, naik 13 persen dari tahun lalu.

Kemudian, tingkat penyerapan ruang kantor juga akan meningkat hingga 20 persen di tahun ini, didorong oleh ekspansi operator keuangan, teknologi, serta ruang fleksibel.

Sedangkan untuk stok logistik utama bakal mengalami pertumbuhan sebesar 17 persen antara tahun 2021 dan 2022, dengan 20,8 juta meter persegi pasokan baru akan dikirimkan.

Diprediksi tahun ini investasi hotel juga akan turut meningkat hingga 30 persen lantaran adanya kepercayaan lebih terhadap kondisi sektor perhotelan.

Permintaan investor dan penghuni untuk pusat data juga diprediksi akan terus tumbuh pada tahun ini. Sedangkan sektor ilmu hayati tetap menjadi favorit bagi sejumlah investor lantaran menjanjikan menawarkan beragam peluang.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *