Dilaporkan dari berbagai wilayah di Indonesia kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat. Bahkan, jumlah pasien yang dinyatakan meninggal akibat dari penyakit ini dilaporkan tidak sedikit.

Maka dari itu, salah satu langkah bijak yang bisa dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari penyakit ini adalah dengan memastikan rumah terbebas dari penyebabnya, yaitu nyamuk.

Mengutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Selasa (25/1/2022), langkah sederhana untuk mengontrol jumlah nyamuk di rumah adalah dengan memastikan tidak ada genangan air yang bisa menjadi tempat nyamuk bertelur.

Seminggu sekali kosongkan dan bersihkan semua barang yang dapat menampung air, seperti kolam, ban, ember, mainan, piring pot bunga, tempat mandi burung, tempat sampah, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan nyamuk akan bertelur di tempat yang dekat dengan air.

Kemudian, gunakan wire mesh dengan lubang yang lebih kecil atau tutup rapat wadah penyimpanan air agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalam untuk bertelur.

Kamu juga bisa memakai larvasida untuk mengolah air dalam wadah besar yang tidak akan Kamu gunakan untuk minum dan tidak dapat ditutup atau dibuang.

Adapun cara untuk menghilangkan nyamuk dari dalam rumah, Kamu bisa memasang tirai pada jendela dan pintu. Atau jika memungkinkan, Kamu bisa menggunakan air conditioner untuk membantu menghilangkan nyamuk dari dalam rumah.

Pada umumnya, tempat kesukaan nyamuk adalah tempat-tempat yang gelap dan lembap, seperti di lemari, di bawah furnitur, di bawah wastafel, atau di ruang cuci. Pastikan ruangan tersebut selalu bersih dan sebisa mungkin Kamu menjaganya agar tetap kering.

Kamu juga disarankan untuk memanfaatkan fogger serangga dalam ruangan atau semprotan serangga yang dijual di pasaran untuk membasmi nyamuk.

Oh ya, dilansir dari Garden Design, ternyata beberapa pilihan tanaman hias juga terkenal ampuh sebagai pengusir nyamuk alami.

Tanaman-tanaman yang dimaksud di antaranya adalah lavender, serai, marigolds, bunga ageratum, rosemary, kemangi, geranium, mint, sage, dan allium.

Kebanyakan dari tanaman di atas bisa membuat serangga tersebut pergi dari rumah lantaran tanaman-tanaman tersebut dapat mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *