Seringkali lubang bekas paku pada tembok akan mengurangi estetika ruangan. Memanggil tukang untuk memperbaikinya pasti akan menambah biaya. Jadi, mau tak mau harus diperbaiki sendiri.

Nah, Kita ada tipsnya nih buat menambal tembok bolong yang bisa Kamu lakukan sendiri, cekidot skuy!

Cara Menambal Tembok yang Bolong Bekas Paku

1. Siapkan Alat dan Bahan         

Salah satu yang bisa Kamu gunakan adalah spackle (semacam dempul). Ada baiknya Kamu memilih pasta spackle ringan yang menggunakan teknologi primer terbaru sehingga nantinya tidak timbul keretakan di antara dinding dan dempul.

Jangan lupa siapkan alat untuk mengoleskan pasta spackle tersebut ke tembok, seperti cetok semen misalnya.

2. Bersihkan Lubang pada Tembok

Sebelum menggunakan pasta spackle, pastikan Kamu telah membersihkan lubang pada tembok. Biasanya lubang ini terisi dengan pasir atau semacamnya yang bisa mengganggu campuran dempul. So, jangan lupa bersihkan lubangnya dulu ya.

3. Sebarkan Pasta pada Tembok yang Bolong

Setelah bersih, barulah Kamu bisa mengoleskan dempul pada lubang. Cukup isi lubang dengan dempul secukupnya saja, tidak perlu banyak-banyak. Setelah terisi, gunakan pisau dempul untuk menghaluskannya supaya dempul menyebar secara merata pada tembok rumah.

Oh ya, bila Kamu merasa dempul yang dioleskan kurang rata atau semacamnya, Kamu bisa mengulangi proses penambalan dari awal, dari mulai membersihkan lubang tentunya.

4. Tunggu Kering Merata

Setelah dempul dioleskan secara sempurna, Kamu tinggal menunggu dempul kering secara merata pada tembok dengan sendirinya. Biasanya hanya membutuhkan waktu antara 2-3 jam saja.

5. Lakukan Pengamplasan

Setelah dempul kering, Kamu bisa mengamplasnya guna menghaluskan dempul agar nyaman ketika disentuh oleh tangan manusia. Proses pengamplasan sendiri terbilang mudah dan cepat, Kamu bisa menggunakan tanganmu sendiri untuk mengecek apakah dempul sudah halus apa belum.

6. Pengecatan tembok

Setelah pengamplasan selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecatan. Kamu butuh cat tembok yang memiliki warna sesuai dengan warna tembok yang diperbaiki.

Gunakan peralatan yang sesuai agar proses pengecatan berjalan mulus, seperti kuas tembok misalnya. Seusai mengecat Kamu tinggal menunggu catnya kering, dan akhirnya selesai sudah Kamu memperbaiki tembok yang bolong.

 Gampang, kan? Semoga bermanfaat, ya!

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *