Kamar tidur merupakan salah satu ruangan paling penting di rumah karena berfungsi untuk menunjang kualitas istirahat sehingga faktor kenyaman ruangan ini harus benar-benar diperhatikan.

Apalagi di musim pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang notabenenya masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tentu dekorasi yang menarik pada kamar tidur menjadi sesuatu yang lebih dipertimbangkan, dekorasi ala-ala kamar hotel bintang 5 misalnya.

Menurut Fransiska Darmawan, General Manager Marketing in-Lite LED, penghuni rumah tidak perlu cemas soal bujet jika tertarik melakukan ini.

Pasalnya, suasana kamar hotel bintang lima bisa dengan mudah Kamu hadirkan pada kamar tidur dengan melakukan peletakan dekorasi yang tepat serta pencahayaan yang memadai.

Lantas, caranya bagaimana ?

Dikutip dari siaran pers in-Lite, Selasa (1/2/2022), berikut Kami rangkum 4 tips mengubah suasana kamar tidur menjadi ala-ala hotel bintang 5.

Desain minimalis

Tidak sedikit pengelola hotel bintang lima yang menerapkan konsep minimalis pada desain kamar hotelnya. Arsitek Duta Cermat Mandiri (DCM) Jessica Sandrina Hendropurnomo menerangkan, pemilihan desain minimalis dapat mendukung suasana kamar tidur pribadi menjadi seperti hotel berbintang.

Pada umumnya, kesan elegan muncul dengan meminimalisasi barang dekoratif kamar dan pemakaian furnitur agar tampak rapi, serta didukung dengan pemilihan palet warna netral yang digunakan.

Barang dekoratif

Meskipun menerapkan desain minimalis, Kamu juga tetap bisa menggunakan beberapa sentuhan barang dekoratif agar kamarmu tidak terkesan polos dan hampa. Kombinasi warna, pola, dan tekstur yang cocok dapat menciprakan kesan yang mewah tetapi tidak berlebihan.

“Anda dapat menambahkan dekorasi dengan barang-barang seni, lampu dekoratif, atau tanaman hias untuk menambahkan kesan yang aesthetic dari sebuah ruangan,” papar Jessica.

Pencahayaan

Pastikan kamar tidur Kamu mendapatkan sinar mentari yang cukup. Pasalnya, salah satu pendorong terciptanya suasana nyaman dan menenangkan pada hotel berbintang adalah pencahayaan hangat

Diberitakan juga, cara ini mampu membantu mengalirkan energi positif ke dalam rumah. Sedangkan ketika waktu malam, Kamu bisa menggunakan lampu yang memiliki fungsi dan fleksibiltas yang baik.

“Kita dapat menggunakan lampu panel di sudut ruangan, strip light untuk menghias kabinet kamar, spot light, serta dekoratif light untuk menambahkan kesan mewah untuk kamar,” terang Fransiska.

Bikin mood board

Namun, sebelum Kamu mencoba tiga hal di atas, mungkin komposisi dekorasi bakal lebih mudah diterapkan dengan lebih dulu membuat personal mood board atau papan suasana hati.

Biasanya, mood board terbuat dari papan kayu tipis dan karton sebagai media tempel gambar dan foto yang memuat suasana, warna, dan tema bayangan desain.

Ini juga akan berisi nuansa warna, material, tekstur, pola, dan lainnya yang Kamu inginkan. Konon katanya mood board ini bisa membantu Kamu untuk mendapatkan gambaran dari dekorasi yang sedang dicari sekaligus perkiraan anggaran yang lebih efisien.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *