Salah satu alternatif yang bisa Kamu lakukan untuk mengubah tampilan dinding dan ruangan secara keseluruhan adalah dengan menggunakan wallpaper. Tapi ingat, jangan asal memilih wallpaper karena dapat mempengaruhi suasana hati para penghuni rumah.

Sebelum Kamu memutuskan untuk mengaplikasikan wallpaper di rumah, berikut untung rugi penggunaan wallpaper yang bisa Kamu pertimbangkan.

1. Estetika

Wallpaper memiliki berbagai macam desain, gaya, serta pola. Wallpaper adalah pilihan yang baik jika Kamu ingin memiliki dinding rumah yang unik.

Berbeda dengan cat, wallpaper sepenuhnya bisa Kamu seusaikan dengan corak, pola, dan tekstur yang tak terbatas. Pola wallpaper berperan besar dalam mengubah tampilan ruangan.

Misalnya, garis-garis vertikal dapat membuat langit-langit rumah Kamu jadi tampak lebih tinggi. Wallpaper juga sangat efektif menutupi cacat dinding ketimbang dinding plesteran. Hanya saja, pemilihan warna yang salah justru akan membuat rumah tampak kuno.

2. Daya Tahan

Wallpaper yang dipasang dengan benar serta memiliki kualitas tinggi dengan lapisan vinil mampu bertahan selama 10 – 15 tahun. Sebaiknya Kamu memilih wallpaper yang bisa dicuci sehingga praktis dan nyaman untuk dibersihkan.

Wallpaper tidak disarankan dipasang di tempat dengan tingkat kelembapan tinggi seperti dapur atau kamar mandi karena wallpaper dapat mengelupas walaupun memiliki kualitas tinggi sekalipun.

3. Instalasi

Dibandingkan mengecat rumah, instalasi wallpaper membutuhkan proses dan alat yang lebih sedikit. Memang terlihat mudah, tetapi dalam pemasangan tetap dibutuhkan pengukuran, pemotongan sesuai ukuran dan pola yang sesuai.

Pemasangan wallpaper sangat dianjurkan untuk menyewa jasa profesional agar terhindar dari kesalahan, ditambah lagi prosesnya yang memakan waktu lebih lama ketimbang mengecat rumah.

4. Efektivitas Biaya

Wallpaper lebih hemat ketimbang mengecat ruangan, tetapi soal bujet tentu saja bergantung pada jenis material dan desainnya. Jika Kamu ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru Kamu membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena area yang penuh bekas-bekas lem harus dibersihkan terlebih dulu.

Cobalah untuk memilih wallpaper dengan motif yang tidak ketinggalan zaman dan masih relevan untuk beberapa tahun ke depan. Untuk hasil terbaik, Kamu bisa menggunakan pola untuk dinding polos. Dengan begitu akan lebih praktis dan memberi dinding rumah Kamu beragam tekstur dan warna.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *