Ketika orang-orang berencana untuk membeli rumah siap pakai alias siap huni, mayoritas akan mempertimbangkan soal lokasi hingga desainnya. Tetapi, asal Kamu tahu, ada hal lain yang harus Kamu pahami sebelum melakukan transaksi, yaitu mengecek sistem kelistrikan secara menyeluruh.k

Ingat, listrik merupakan bagian penting dalam kehidupan saat ini dan memiliki peran yang krusial terkait keselamatan penghuni rumah. Maka dari itu, sebelum Kamu beli rumah pahamilah betapa pentingnya pemeriksaan listrik seperti berikut ini:

1. Hemat tagihan listrik

Terkadang, peralatan elektronik lama memakan lebih banyak energi daripada peralatan elektronik yang terbaru dan canggih. Dengan melakukan pemeriksaan listrik Kamu dapat membuat rumah barunya menjadi lebih hemat energi. Dengan begitu, Kamu bisa mengurangi tagihan listrik di masa yang akan datang.

2. Menghindari masalah listrik

Banyak orang tidak mengetahui apa-apa terkait dengan kondisi listrik di rumah baru pasca membelinya. Hal ini tentunya berpotensi menimbulkan masalah yang terduga di masa depan.

Kita ambil contoh, bisa jadi penghuni rumah sebelumnya dengan sengaja melakukan kecurangan dalam hal kelistrikan. Alhasil, masalah tersebut bisa menimpa Kamu sebagai penghuni baru.

3. Lebih aman

Kabel listrik yang tidak berfungsi selalu menyimpan risiko bahaya yang dapat menimpa rumah dan keluargamu. Itulah kenapa sebelum membeli rumah Kamu harus menghubungi pihak perusahaan listrik.

Pihak perusahaan listrik nantinya bakalan tahu apa yang harus dicari dan diperbaiki untuk memastikan keamanan sebelum Kamu melakukan transaksi.

4. Kurangi nilai jual

Pemeriksaan kondisi listrik ini juga bisa Kamu gunakan untuk bernegosiasi dengan pihak penjual. Jika Kamu menemukan kesalahan pada kabel listrik, Kamu bisa menggunakan temuan itu untuk menurunkan harga rumah.

Jika si penjual menolak, mintalah agar pihak penjual mau memperbaikinya lebih dulu supaya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan di masa depan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *