Sebelum Kamu memasarkan rumahmu, ada baiknya Kamu mempertimbangkan 4 hal ini, yaitu decluttering, deep clean, renovasi, dan urusan eksterior. Bisa jadi Kamu melihat rumahmu sempurna, tetapi belum tentu dengan orang lain. Nah, berikut adalah tips sederhana terkait 4 hal tersebut agar rumah Kamu bisa lebih cepat terjual.

Decluttering

Decluttering atau merapikan rumah adalah menyingkirkan semua barang yang tergeletak di dalam rumah dan Kamu simpan di tempat lain. Hal ini supaya ruangan jadi terlihat lebih luas, lebih lega dan pembeli pun bisa lebih mudah membayangkan ruangan penuh dengan barang-barang mereka.

Kamu bisa melakukannya dengan menyortir semua barang di setiap kamar menjadi 3 tumpukan yang berbeda. Tumpukan pertama untuk barang yang ingin Kamu simpan, yang kedua untuk barang yang ingin Kamu buang, dan yang ketiga untuk barang yang ingin Kamu jual.

Mungkin tampak repot, tapi kalau Kamu lakukan secara bertahap akan jadi lebih gampang. Sisihkan waktu 5

Menit per harinya untuk decluttering, pilih 1 atau 2 barang untuk disumbangkan, atau Kamu bisa meminta bantuan teman.

Deep clean

Deep clean berarti membersihkan rumah tetapi tidak asal membersihkan rumah, Kamu harus membersihkan rumah secara menyeluruh.

Bersihkan rumah mulai dari atas ke bawah, pastikan tidak kotoran yang tersisa. Jangan lupa sikat habis debu di tempat-tempat favoritnya seperti kipas ekstraktor dan tudung oven.

Bila perlu, Kamu bisa menggunakan jasa profesional supaya rumah Kamu jadi berkilau dan terlihat baru. Hal ini penting terutama ketika hendak mengambil gambar.

Renovasi rumah

Tidak sedikit orang yang melupakan hal ini, tetapi renovasi rumah perlu dilakukan. Pasalnya, biasanya calon pembeli tidak mau melakukan perbaikan pada rumah baru mereka sehingga jika mereka menemukan kerusakan bisa jadi mereka justru akan mengurungkan niatnya untuk membeli rumah.

Eksterior rumah

Hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli adalah Eksterior, maka penting untuk membuat eksterior rumahmu tampak menarik dan ramah, pastikan juga eksterior cocok dengan interior.

Pastikan rumput telah dipotong dan semua gulma disortir. Gak ada salahnya Kamu memberikan sentuhan bunga untuk memberi sedikit lebih banyak warna pada rumah. Pastikan jendela dan pintu tidak tampak usang dan berikan sentuhan kilau pada gagang pintu.

Cobalah mengambil sudut pandang calon pembeli atau meminta pendapat orang lain soal tampilan rumah agar Kamu bisa mengambil keputusan yang tepat.

Disadur dari we-heart.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *