Kamu pengen dapat apartemen tapi dompetmu kurang tebel ? Santai aja, Kita ada nih triknya supaya Kamu bisa mendapatkan apartemen dengan harga yang terjangkau, cekidot skuy!

1) Siapkan DP (Down Payment)

Jika sudah ketemu yang cocok, segera bayar DP-nya atau uang muka agar tidak keduluan sama orang lain. Kamu juga bisa membayar tanda jadinya dulu sebesar Rp 1-2 juta baru kemudian membayar DP-nya beberapa minggu setelahnya.

2) Gunakan Internet untuk Memilih Fitur yang Ditawarkan

Cobalah tanya mbah gugel buat nyari-nyari situs layanan properti yang menyediakan listing apartemen yang disediakan. Dari situs tersebut Kamu bisa menemukan apartemen yang cocok dengan kriteria kebutuhan dan keinginanmu.   

3) Hindari Memilih Apartemen Berdasarkan Persepsi Semata

Jangan pilih apartemen hanya karena berdasarkan rasa keinginanmu saja, tapi juga harus berdasarkan kebutuhan. Utamakan hal-hal seperti keamanan, kenyamanan serta utilitas, bukan hanya sekedar tampilan atau dekorasi saja.

4) Hubungi Marketing atau Agen

Kamu bisa menemukan kontaknya di listing atau melalui situs resmi apartemen. Tanyakan segala sesuatunya secara detail mulai dari harga sewa, lingkungan, penghuni lainnya hingga penawaran spesial

5) Lakukan Survei Secara Pribadi

Dengan mendatangi apartemen dan lingkungan sekitarnya secara langsung tentu akan memberikanmu penilaian yang lebih baik lagi. Cobalah paling tidak mengunjungi dua tempat agar Kamu bisa memiliki perbandingan.

6) Selalu Telepon Sebelum Survei

Cobalah untuk melakukan panggilan telepon sebelum Kamu mengunjungi unit apartemennya agar Kamu bisa mendapatkan penawaran harga.

Bandingkan fitur dan harga yang Kamu dapatkan dari apartemen lainnya lalu Kamu infokan ke bagian pemasaran atau agen tersebut, siapa tahu mereka bersedia untuk menurunkan harganya. Kalo gitu kan lumayan, hehe.

7) Evaluasi Kembali Daftar Kriteria

Setelah mengetahui apa yang Kamu inginkan dan berapa bujet yang dibutuhkan, cobalah untuk merenungkan kembali tentang pilihan Kamu dalam dua cara berikut:

  • Perhatikan anggaran yang sebenarnya. Renungkan apakah ada apartemen yang dapat menyisakan uang setelah pembayaran.
  • Evaluasi nilai apartemen berdasarkan penilaian dari kriteria yang telah ditetapkan. Pastikan harga sewa sesuai dengan kemampuan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *