Orang jualan pasti pengen propertinya bisa laku dengan harga tinggi. Karena itu wajar apabila para pemilik rumah biasanya berupaya merapikan agar rumah berada dalam kondisi terbaik sebelum menjualnya. Bahkan, ada yang tak segan-segan merenovasinya jika terdapat bagian rumah yang rusak.

Namun, tahukah Kamu bahwa ada sejumlah penyebab utama yang bisa bikin harga rumah seken anjlok ketika dijual ?

Berikut enam faktor yang dapat memengaruhi nilai jual rumah Kamu:

1. Perbukitan dan lereng

Rumah yang lokasinya ada di perbukitan atau tanah yang miring tidak menjadi daya tarik konsumen, ya wajar aja lha wong miring gitu. Karenanya, rumah seperti ini akan memiliki nilai jual yang lebih rendah.

2. Berlokasi di jalan utama

Rumah seperti ini mungkin tampak strategis, tetapi justru dihindari oleh kebanyakan orang. Alasannya ya itu, bising dan berisik gara-gara suara kendaraan yang lewat. Kebisingan inilah yang membuat orang tidak betah di rumah.

3. Tata letak ruang yang buruk

Rumah yang memiliki tata letak yang aneh bakal sulit laku terjual. Ruangan yang tidak terencana dengan baik, pintu yang kaku, soket listrik yang berada di tempat yang tidak sebagaimana mestinya bakal dijauhi pembeli.

Umumnya, mayoritas pembeli lebih senang dengan denah lantai terbuka ketimbang ruang sempit, pengap, dan tidak efisien.

4. Terlalu banyak tambahan

Mempersiapkan rumah agar memiliki kondisi yang baik serta layak dijual memanglah bagus, tetapi jika terlalu berlebihan juga tidak baik. Misalnya, Kamu merenovasi rumah dengan melakukan terlalu banyak penambahan ruang, seperti kamar, kamar mandi, dan ruang lainnya. Hal ini tidak akan meningkatkan nilai jual, justru hanya akan menggerus keuangan Kamu.

5. Lokasi dan bangunan yang tidak sedap dipandang

Semua orang juga tahu kalau lokasi memegang peranan penting. Misal, rumah yang lokasinya tak jauh dari properti komersial dan tidak sedap dipandang seperti blok perkantoran yang lusuh, kumuh dan kotor tentu dapat menurunkan nilai jual

Selain itu, rumah yang lokasinya berdekatan dengan fasilitas kota, jalan utama, jalur kereta api, dan kabel listrik juga dapat menurunkan minat pembeli.

6. Furnitur dapur dan kamar mandi lusuh

Dapur dan kamar mandi merupakan ruangan terpenting di rumah, jadi sangat krusial sekali untuk mengaturnya dengan benar.

Lemari dengan kualitas rendah dapat menurunkan minat pembeli, terutama jika lemari tersebut menunjukkan tanda-tanda kerusakan, seperti melengkung atau mengelupas.

Lemari yang ketinggalan zaman pun juga bisa menjadi penghalang, walaupun lapisan cat baru dan pegangan yang diperbarui biasanya dapat memperbaikinya.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *