Harga material dan biaya konstruksi di Australia kian meningkat selama beberapa tahun ke depan. Iwan Sunito, Komisaris dan CEO Crown Group menyebutkan, kondisi ini juga diiringi oleh kekurangan tenaga kerja dan keterbatasan suplai bahan baku.

“Pasokan hunian yang terbatas dan peningkatan jumlah pembeli berarti banyak konsumen yang tidak sanggup memiliki rumah tapak dan unit apartemen adalah pilihan yang lebih terjangkau,” ungkap Iwan, dikutip dari siaran pers, Selasa (24/5/2022).

Selama dua tahun ke depan, Iwan yakin unit apartemen akan lebih dicari ketimbang rumah tapak. Meskipun pembelian apartemen dinilai menjadi solusi, konsumen tetap harus bersiap menghadapi untuk kenaikan harga.

“Kami melihat peningkatan persentase dua digit dalam biaya pembangunan apartemen baru setiap tahun di masa mendatang,” imbuh Iwan.

Menurut blio, ketersediaan unit apartemen off the plan dan apartemen yang sudah berdiri dari hari ke hari semakin berkurang. Ini berarti,  ada pergerakan dari investor dan owners-occupiers yang sangat aktif saat ini atau pada pasca-pandemi.

“Investor kembali ke pasar karena harga sewa meningkat yang memungkinkan mereka mengimbangi kenaikan suku bunga melalui kenaikan harga sewa,” Iwan menjelaskan.

Melihat kondisi ini, Iwan melihat, sangat masuk akal bagi konsumen apabila mereka terlihat bersegera membeli properti sekarang. Tujuannya adalah agar dapat terhindar kenaikan harga dua digit yang disebabkan oleh naiknya biaya konstruksi dan material, serta ditambah dengan minimnya tenaga kerja.

Investor asing yang aktif di sektor properti Australia berasal dari Tiongkok dan Indonesia. Investor dari kedua negara tersebut mengincar stok unit apartemen yang sudah selesai dibangun sebagai investasi properti melalui penawaran harga yang terjangkau.

“Masyarakat Indonesia adalah komunitas investor terbesar kedua bagi Crown Group yang telah merasakan betapa menguntungkannya berinvestasi properti Australia, terutama di Sydney,” ungkap Iwan.

Iwan menjelaskan, para investor harus bertindak sekarang dengan membeli dari developer terpercaya. Dengan bertindak sekarang, maka para investor dapat mengunci harga yang mungkin akan ditabung untuk pembelian berikutnya di masa depan.

Hal ini menjadi penting mengingat Australia sendiri masih mengalami housing shortage, sedangkan pertumbuhan penduduk Australia semakin meningkat.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *