Banyak faktor yang mempengaruhi harga jual rumah, mulai dari lokasi hingga fasilitas publik di sekitarnya. Terdapat pula faktor yang bisa lebih gampang untuk meningkatkan harga jual rumah, yaitu melalui renovasi.

Kamu bisa menaikkan harga jual rumah dengan merenovasinya, itu pun tidak harus dilakukan secara besar-besaran, cukup di sejumlah titik saja.

Mengutip Roohome, minimal ada sejumlah titik di rumah yang bisa Kamu renovasi untuk meningkatkan harga jual.

1. Dapur Ruang

Dapur juga dikenal sebagai jantung rumah. Maka dari itu, Kamu harus selalu memastikan dapur dalam kondisi prima. Banyak pembeli menyukai dapur yang fungsional tapi tetap estetik.

Dengan merenovasi dapur, maka Kamu akan mendapatkan nilai luar biasa bagi rumah. Ketika melakukan renovasi dapur, tambahkan fitur dan elemen yang akan membuat dapur terlihat estetik tetapi juga nyaman digunakan.

2. Tambah pintu garasi

Kamu pasti tahu bahwa fungsi garasi sangat penting dalam mengamankan rumah dan kendaraan pribadi. Ketahuilah, hal ini juga dapat menjadi magnet lantaran terdapat calon pembeli yang senang dengan rumah yang memiliki pintu garasi berkualitas tinggi sehingga kendaraan pribadi dapat disimpan dengan aman.

3. Jendela hemat energi

Penting untuk memasang jendela dengan kualitas tinggi karena elemen ini merupakan titik fokus dari properti. Karena itu, Kamu perlu memasang jendela hemat energi yang didesain untuk mencegah keluarnya udara panas atau dingin dari rumah.

Biasanya, jendela hemat energi terdiri dari 2 atau 3 panel kaca yang disegel dalam satu kesatuan dan dikelilingi bingkai. Biasanya, terbuat dari kayu, unplasticized poly vinyl chloride (uPVC), atau bahan lainnya.

Ini merupakan hal yang paling penting bagi calon pembeli rumah. Pasalnya, memasang jendela hemat energi tentunya dapat menghemat biaya listrik bulanan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *