Membersihkan rumah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh penghuni rumah. Tetapi, meskipun sudah rutin bisa jadi tak semua orang melaksanakan tugasnya dengan baik, bahkan terkesan asal-asalan dan yang penting cepat selesai.

Padahal, kebiasaan buruk seperti di atas bisa berdampak pada aktivitas membersihkan rumah itu sendiri di kemudian hari seperti prosesnya yang lama hingga hasilnya tak maksimal. Tentunya hal tersebut bakal mengganggu kenyamananmu dan keluarga di rumah.

Karena itulah, alangkah baiknya jika Kamu mulai mengubah kebiasaan dan menghindari 4 kesalahan umum ini ketika sedang membersihkan rumah.

1. Tak Teratur dan Suka Menunda-nunda

Asal-asalan atau ketidakteraturan hobi menunda-nunda pekerjaan dalam membersihkan rumah merupakan kesalahan yang mungkin paling kerap terjadi. Misalnya, Kamu melihat ada noda di lantai rumah, kemudian Kamu mendiamkannya dan berpikir untuk membersihkannya besok.

Kebiasaan ini jelas kurang tepat. Bisa jadi jika Kamu langsung membersihkannya Kamu hanya butuh beberapa menit, tetapi ketika membersihkannya pada hari esok Kamu malah membutuhkan waktu hingga setengah jam lebih.

2. Memulai dari Tempat yang Salah

Semua orang pasti inginnya cepat dan maksimal, tetapi hal itu tak akan terwujud jika Kamu memulai dari tempat yang salah. Akibatnya malah harus mengulang-ulang pekerjaan.

Baiknya, pertama-tama cobalah untuk merapikan barang-barang yang tak sesuai tempatnya, baru kemudian membersihkan rumah dari bagian atas ke bawah. Seperti mulailah dengan membersihkan langit-langit, baru kemudian lanjut pada perabotan hingga lantai.

3. Salah Produk Pembersih

Memakai produk pembersih yang tidak cukup baik akan membuatmu bekerja dua kali, tentunya ini tidak efisien. Tak hanya itu, bahkan produk yang salah justru bisa membuat kerusakan pada barang-barang atau bagian rumah yang Kamu bersihkan.

Maka dari itu, cobalah untuk memeriksa bahan-bahan dan fungsi produk secara teliti sebelum Kamu memutuskan untuk membeli produk pembersih tersebut.

4. Alat Pembersih yang Kotor

Jika tak hati-hati, peralatan yang Kamu gunakan malah bisa bikin keadaan makin parah dan menyebarkan bakteri. Misal, spons dapur yang KAmu gunakan ternyata kotor dan malah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri coliform.

Kemudian, mesin cuci yang tak dibersihkan secara teratur dapat mengendapkan kembali kotoran tubuh dan justru membuat cucian berbau tidak sedap. Dan, penyedot debu ataupun kain pel yang kotor bisa mengakibatkan hasil pembersihan yang tak maksimal setiap kali digunakan.

Dengan begitu, Kamu harus selalu membersihkan alat pembersih baik sebelum atau sesudah digunakan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.