AC memang bisa bikin kamar jadi sejuk, keberadaan AC dalam kamar tidur bisa membuat tidur lebih enak, apalagi buat Kamu yang tinggal di perkotaan.

Namun, asal Kamu tahu, posisi AC yang salah bisa membuat AC tak berfungsi maksimal serta bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Dikutip dari Gharpedia, berikut adalah 6 posisi pasang AC yang tidak tepat di kamar tidur:

1. Memasang AC di atas pintu

Hawa dingin yang dihasilkan dari AC di atas pintu akan mudah keluar lantaran pintu menjadi akses sekaligus tempat keluar masuknya udara.

Suhu di dekat pintu pun juga tidak stabil sehingga membuat AC mendingin lebih lama. Sistem sensor AC juga akan bekerja keras dengan konsumsi listrik lebih boros.

2. Pasang AC di bagian kepala tempat tidur

AC di bagian kepala tempat tidur berpotensi menganggu kesehatan. Pasalnya, hawa dingin yang dihasilkan akan langsung mengarah ke kepala dan tubuh penghuni. Tentu hal ini berbahaya, apalagi jika AC tidak pernah dibersihkan, udara yang dihasilkan pun akan kotor dan berkuman sehingga dapat mengganggu sistem pernafasan.

3. Pasang AC terkena sinar matahari langsung

Tidak disarankan memasang AC yang mengarah pada matahari langsung. Pasalnya, hal tersebut bakal membuat AC di rumah bekerja lebih keras, sekaligus membuat tagihan listrik menjadi naik.

Posisikan AC di area yang tidak mengarah pada paparan cahaya matahari secara lansung atau gampangnya pilihlah area-area yang dingin.

4. Pasang AC di sudut ruangan sempit

AC di ruangan sempit tak akan mampu mengalirkan udara ke seluruh ruangan sehingga kamar tetap panas. Semisal bisa dingin pun akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Pasang AC dekat perangkat listirk

Jauhkan AC dari area perangkat listrik karena AC sering kali mengalami masalah tetesan air. Hal ini tentunya berisiko dan berbahaya bagi penghuni rumah. Pastikan AC dipasang di area yang steril dari perangkat listrik apa pun di rumah.

6. Pasang AC dengan ketinggian yang salah

Pasang AC pada ketinggian yang tepat agar tidak menganggu atau menghalangi fungsi lain di kamar tidur. Tinggi ideal untuk memasang AC adalah beberapa jengkal di atas kepala orang dewasa. AC yang dipasang di area yang tinggi juga berguna supaya udara yang dihasilkan bisa menyebar ke seluruh ruangan secara merata.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.