Mempunyai walk-in closet di rumah sendiri tentu merupakan impian sebagian orang, khususnya para kaum hawa. Selain membuat semua barang pribadi tampak rapi, walk-in closet juga bisa membuat Kamar Kamu tampak terlihat mewah.

Faktor inilah yang kemudian membuat orang mulai meninggalkan area penyimpanan konvensional seperti lemari. Agar walk-in closet milikmu tampak elegan, Kamu harus menggunakan jenis lampu dan mengatur tata letak cahaya dengan baik. Tentunya Kamu juga tak ingin lemari penyimpanan terlihat kusam atau terlalu penuh.

Hal pertama yang harus jadi pertimbanganmu ketika memilih lampu untuk walk-in closet adalah faktor keselamatan. Jangan sampai ketika Kamu berjalan menyusuri walk-in closet, kepala Kamu terbentur bola lampu. Maka dari itu, gunakan jenis lampu plafon yang memilki penutup sehingga lebih aman. Hindari pula penggunaan lampu gantung karena dapat memicu kecelakaan bila tidak hati-hati.

Umumnya desain sebuah walk-in closet memiliki rak yang banyak. Tetapi, rak di bagian atas selalu menghalangi cahaya untuk sampai ke rak di bawahnya. Inilah alasan menggunakan satu lampu saja di bagian tengah tidak cukup. Kamu bisa menyiasatinya dengan memasang lampu tambahan di setiap rak.

Umumnya orang menggunakan jenis lampu LED atau neon panjang. Kamu pun juga harus merombak instalasi listrik di kamar agar memperoleh hasil yang sempurna.

Jika Kamu menggunakan lampu fluorescent atau neon untuk walk-in closet, maka jaraknya sekitar 15 cm dari area penyimpanan. Sedangkan jika menggunakan lampu pijar dan LED, maka harus berjarak sekitar 30 cm dari area penyimpanan.

Lampu jenis halogen adalah jenis lampu pijar yang menggunakan gas untuk membuat cahaya semakin terang. Karena itu, lampu halogen memiliki cahaya yang terang walaupun ukurannya kecil.

Hanya saja, bohlam lampu sangat mudah untuk menjadi sangat panas, sehingga membuatnya tidak cocok digunakan untuk ruang kecil dan tertutup.

Ingat, siapkan pula lampu cadangan bertenaga baterai walaupun seluruh pencahayaan di walk-in closet sudah komplit. Lampu ini sangat dibutuhkan terutama bila terjadi pemadaman listrik.

Agar Kamu bisa mendapatkan lampu yang tepat, kunjungilah ke toko khusus perlengkapan listrik dan konsultasikan dengan penjual manakah lampu yang sebaiknya Kamu pilih.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply