Rumah Instan Sehat Sederhana (RISHA) dikembangkan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). RISHA dapat dibangun dengan cepat, murah, dan tahan gempa.

Dikutip dari eproduklitbang.pu.go.id, RISHA mengusung konsep knock down. Proses pembangunan RISHA tak membutuhkan semen dan bata, tetapi dengan menyambungkan panel-panel beton dengan baut.

Struktur bangunan RISHA terdiri 3 jenis panel. Panel-panel tersebut dirancang dari bahan beton bertulang yang merupakan campuran semen, pasir, dan kerikil.

Penjelasan mengenai ketiga jenis panel tersebut:

Panel 1 (P1) memiliki ketebalan 2,5 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 120 cm. Panel ini dikelilingi bingkai dengan ukuran 6 cm x 10 cm.

Panel 2 (P2) memiliki ketebalan 2,5 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 120 cm. Panel ini juga dikelilingi dengan bingkai yang berukuran 6 cm x 10 cm.

Panel 3 (P3) memiliki ketebalan 2,5 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 30 cm. Panel ini juga dikelilingi dengan bingkai yang berukuran 6 cm x 10 cm. Panel 3 berfungsi sebagai penyambung di bagian sudut.

RISHA merupakan rumah sederhana yang bisa dibangun oleh siapa saja. Pasalnya, cara mendirikannya hanya dengan menyambung dan menyusun panel-panel sesuai ketentuan sehingga membentuk struktur bangunan rumah.

P1 dan P2 digunakan untuk balok dan kolom, sedangkan P3 digunakan pada bagian sudut. Terdapat 3 lubang di setiap panel yang digunakan untuk menempatkan mur dan baut yang berfungsi menyambung antar panel. Sementara itu, sambungan dari panel ke kusen pintu dan jendela memakai batu bata merah dan batako.

Dibutuhkan minimal 138 panel untuk membangun rumah tipe 36. Jumlah itu terdiri dari P1 sebanyak 78 buah, P2 sebanyak 30 buah, dan P3 sebanyak 30 buah.

RISHA dirancang dengan ukuran standar seluas 9 meter persegi, terdiri dari panjang 3 meter dan lebar 3 meter. Ukuran tersebut dapat diperluas dengan menambah panel sesuai kebutuhan pemilik rumah.

Sedangkan untuk harga panel RISHA yakni komponen P1: Rp 110.000 per meter per segi, komponen P2: Rp 100.000, komponen P3: Rp 90.000, panel dinding: Rp 160.000, panel kusen: Rp 50.000.

RISHA dapat dibongkar pasang seperti halnya dengan permainan anak-anak lego. Komponennya dibuat secara pabrikasi dengan kostruksi penyusun rumah berdasarkan ukuran modular.

Sistem RISHA diciptakan dengan maksud untuk mendukung Kepmen Kimpraswil Nomor 403/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Rumah Sederhana Sehat (RSH).

Karena sifatnya yang cepat dan murah, RISHA ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah, rumah darurat, dan pengungsi korban bencana. Kualitasnya pun juga pasti terjamin lantaran sebagian besar material adalah fabrikasi, sehingga dapat meminimalisir faktor kesalahan manusia.

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply