Bikin taman di teras rumah merupakan salah satu solusi buat Kamu yang punya rumah dengan halaman yang terbatas. Taman di teras rumah tetap akan memperoleh banyak pasokan sinar mentari yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman lantaran berada di area terbuka.

Terdapat beragam pilihan tanaman yang bisa Kamu manfaatkan mulai dari tanaman hias, bunga, herbal, bahkan sayuran. Agar berhasil, begini cara mudah yang bisa Kamu lakukan untuk menata taman di teras rumah seperti dilansir dari laman Krishi Jagran.

Cara Murah Membuat Taman Depan Rumah Minimalis

1. Merencanakan tata letak

Ada 2 cara yang bisa Kamu tempuh untuk mengatur taman teras, yaitu dengan memanfaatkan tanah di sekeliling teras atau menggunakan pot untuk menaman tanaman. Karena teras memiliki ruang yang terbatas, maka rencanakan keperluan ruangan sesuai kebutuhan.

Temukan lokasi penempatan tanaman yang ideal seperti area yang dapat menerima sinar matahari yang cukup. Jika Kamu ingin menambahkan area duduk diteras, aturlah sedemikian rupa supaya tidak menumpuk dan menghalangi tanaman. 

2. Pilih tanaman

Ketika baru mulai membuat taman, gunakanlah jenis tanaman yang gampang dirawat dan mudah tumbuh. Beberapa bunga yang bisa Kamu tanam di antaranya seperti kaktus, lidah mertua lavender, melati, atau mawar.

Sesuaikan juga pemilihan tanaman dengan tampilan taman yang Kamu inginkan. Contohnya, jika Kamu menginginkan taman yang berwarna, maka pilihlah tumbuhan yang dapat berbunga sepanjang tahun.

Jika menginginkan tampilan taman yang lebih sederhana, maka Kamu bisa menggunakan tanaman hias daun seperti   lidah mertua, tanduk rusa, atau suplir.   

3. Periksa ketahanan lantai

Salah satu langkah krusial dalam membuat taman teras adalah menciptakan lantai yang tahan air agar penyiraman tanaman tidak merusak bangunan. Ini adalah prosedur yang sederhana yang bisa Kamu tempuh untuk mencegah kerusakan bangunan di masa yang akan datang. Saat ini pun sudah banyak tersedia produk anti air di pasaran sehingga bisa dengan mudah ditemukan. 

4. Mempersiapkan tanah

Tanah harus sesuai dengan tanaman yang ingin Kamu tanam. Kamu pun juga harus mengatur kelembaban yang tepat supaya tanah dapat tetap subur. Periksa pH tanah dan campurkan dengan kompos untuk produktivitas tanaman yang optimal.

Kamu bisa mendapatkan kompos di toko tanaman atau bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan organik yang ada di rumah seperti sampah sayuran.

5. Pilih wadah tanaman

Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis pot untuk taman terasmu. Gunakan pot semen, pot tanah, pot gantung, atau tas tumbuh dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna untuk menghias taman.

Bila ingin menghemat ongkos, maka Kamu bisa memanfaatkan kaleng cat bekas, ember pecah, peti kayu, batok kelapa, atau peralatan dapur yang sudah rusak untuk menanam tanaman. 

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply