Perawatan Rumah

Kloset yang membludak atau meluap memang jadi bumerang buat banyak orang rumah. Cuma bukan berarti ini lelucon, guys. Situasinya bisa jadi cukup serius dan perlu ditangani dengan cepat.

Air dari kloset yang overflow bisa banjirin lemari, tembok, atau merusak lantai, terus nanti bisa jadi tempat berkembang biaknya jamur, lumut, dan pembusukan. Dan yang enggak kalah penting, bisa bikin rumah bau tak sedap. Jadi, sebenernya bukan masalah sepele.

Nah, biar masalah ini nggak makin gede, kita perlu tahu dulu penyebabnya. Jadi kita bisa ngambil tindakan sendiri atau panggil tukang ledeng yang ahli.

Dikutip dari The Spruce, Senin  (4/9/2023), Berikut beberapa penyebab kloset yang membludak dan cara ngatasinnya:

Saluran Pembuangan Tersumbat: Yang paling sering terjadi adalah penyumbatan di saluran pembuangan. Ini biasanya gara-gara terlalu banyak tisu toilet yang masuk ke saluran. Jadi, kloset nggak bisa nyiram dengan lancar. Kalo kloset nggak bisa nyiram, ya pasti banjir deh.

Ventilasi Pipa Tersumbat: Kloset juga punya ventilasi pipa yang tujuannya buat ngeluarin gas yang dihasilkan oleh limbah dalam pipa. Kalo ventilasi ini tersumbat, kloset juga bisa overflow. Nah, jadi penting banget pastiin ventilasinya lancar.

Pipa Saluran Pembuangan Tersumbat: Terkadang, penyebabnya bisa ada benda asing yang masuk ke saluran pembuangan, atau puing-puing yang nyumbat. Ini juga bisa bikin kloset meluap.

Septic Tank Penuh: Kalo punya septic tank, kloset bisa overflow kalo septictanknya penuh. Limbah dari kloset bisa mengalir balik ke rumah, dan itu bikin kloset banjir.

Jadi, buat ngatasin masalah ini, bisa coba pake alat penyedot kloset atau ular pipa buat ngeluarin benda yang nyumbat. Kalo masalahnya ventilasi pipa atau pipa saluran pembuangan, mending panggil tukang ledeng ahli. Kalo kloset overflow gara-gara septictank penuh, panggil jasa sedot septic tank aja.

Jadi, penting banget deh buat ngehafal tanda-tanda ini biar bisa cepet bertindak. Semoga nggak ada lagi yang kena masalah kloset overflow, ya!

Disadur dari kompas.com

Leave A Reply