Sejatinya rumah dibikin supaya penghuninya mendapatkan kenyamanan dan keamanan. Tidak terkecuali untuk penghuni rumah yang sudah lanjut usia. Nah, buat Kamu-kamu yang memiliki anggota keluarga yang sudah berusia lanjut, bisa dicoba nih.

Ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk menciptakan rumah ramah lansia, Cekidot bre!

1. Mengganti lantai licin

Jangankan buat lansia, lantai licin buat Kita-kita yang masih muda aja bisa berbahaya. Lantai licin harus diganti dengan lantai yang teksturnya kasar dan lebih aman. Kamu bisa pakai lantai kayu keras atau bahkan kayu lunak seperti gabus atau bambu.

Sebenernya yang paling gampang adalah dengan memasang karpet, cuma karpet yang tebal dan halus akan menyulitkan penggunaan kursi roda yang biasa digunakan oleh lansia.

2. Tukar gagang pintu bulat dengan tuas

Gagang pintu model tuas lebih gampang digunakan ketimbang yang bentuknya bulat. Gak kayak yang bentuknya bulat yang harus memutar pergelangan tangan, salah-salah malah tangannya terkilir, duh.

3. Ganti meja dan lemari lebih pendek

Barang-barang yang berada pada ketinggian tentunya akan sulit diraih oleh lansia. Maka, Kamu harus membuat semua meja dan lemari menjadi lebih rendah atau pendek. Idealnya perabotan-perabotan tersebut tingginya sejajar dengan tinggi lansia.

4. Buat colokan listrik lebih mudah diakses

Biasanya, colokan listrik di rumah tingginya cuma 12-18 inci dari lantai. Artinya terlalu rendah dan tentu saja sangat berbahaya terutama bagi mereka lansia yang menggunakan kursi roda. Kamu perlu meninggikan colokan listrik menjadi paling tidak 24 inci atau lebih tinggi untuk memudahkan mereka mengaksesnya.

5. Pasang bilik shower

Awas hati-hati, kepleset di bak mandi bisa bikin cedera lho. Cara terbaik adalah mengganti bak mandi, dan bahkan pancuran tertutup di kamar mandi dengan bilik. Ditambah lagi tanpa baththub atau bak mandi bisa bikin Kamar mandi jadi lebih luas.

6. Pasang bilah pegangan di kamar mandi

Jika kamar mandimu tidak punya cukup ruang untuk bilik shower, solusi mudahnya adalah memasang pegangan tangan. Lansia akan dapat mengakses kamar mandi secara mandiri tanpa Anda perlu khawatir akan terjadi sesuatu apabila ada pegangannya.

7. Jalur kursi roda

Tanjakan kursi roda tentu sangat bermanfaat bagi anggota keluarga lansia yang menggunakan kursi roda. Ya mosok naik tangga pakai kursi roda, yang bener aja ngab wkwkwk.

8. Memperluas pintu

Gunakan pintu yang lebar pasalnya lansia akan kesulitan untuk melewati pintu yang lebarnya 32 inci kebawah. Ditambah lagi apabila lansia tersebut menggunaka kursi roda atau perangkat mobilitas lainnya. Tapi ingat, pelebaran pintu harus didiskusikan dulu dengan kontraktor karena akan menghabiskan waktu dan uang.

9. Pasang lift kursi

Bisa jadi Kamu mempertimbangkan untuk memasang lift kursi yang dapat digunakan khusus anggota keluarga lansia. Kamu dapat menyewa jasa kontraktor untuk menangani hal ini. Jika tangga terlalu sempit , atau jika Kamu mengandalkan kursi roda, tentunya opsi lain adalah memasang lift.

10. Pertimbangkan otomatisasi rumah

Meskipun otomatisasi rumah identik dengan kaum muda dan paham teknologi, pada kenyataannya, otomatisasi rumah bisa memiliki manfaat yang lebih banyak bagi orang tua. Lansia tidak perlu bergerak kesana-kemari, tinggal menggunakan peralatan yang dikendalikan dari jarak jauh akan amat sangat membantu sekali, ha mbok yakin.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *