Bisa jadi Kita menganggap kegiatan bersih-bersih rumah adalah sesuatu yang merepotkan dan membuang banyak waktu. Tapi tenang aja, kini ada cara praktis yang bisa Kamu coba yaitu dengan menggunakan baking soda.

Baking soda alias Natrium bikarbonat atau yang juga dikenal dengan sebutan soda bikarbonat biasanya digunakan kalau mau bikin kue atau roti soda. Tapi, ternyata baking soda juga bisa lho buat bersih-bersih dan relatif lebih aman ketimbang bahan-bahan kimia.

Mau tau caranya ? Kalau begitu cekidot guys.

Bak cuci

Kamu basahi dulu seluruh permukaan bak cuci dengan air hangat. Kemudian Kamu taburkan bubuk baking soda ke permukaannya, gosok-gosok dengan spons atau kain lembut hingga membentuk pasta, terus bilas deh.

Tempat sampah

Tempat sampah di dapur pasti sering jadi sumber bau tidak sedap. Cara membersihkannya Kamu bisa menuangkan baking soda ke dalam kantung sampah, eits isi kantung sampahnya dikeluarin dulu lho ya.

Bila perlu Kamu bisa membersihkannya secara berkala, caranya dengan merendam isinya dengan menggunakan satu cangkir baking soda dan satu galon air.

Perlangkapan dapur dari perak, plastik dan loyang

Bikin pasta dari 3 bagian soda dan 1 bagian air. Kemudian tinggal Kamu seka pasta tersebut pada permukaan perlengkapan makan dari perak. Nanti bakalan jadi mengkilap

Untuk noda membandel pada plastik, rendamlah barang-barang tersebut pada campuran baking soda dan air hangat selama 15 menit. Kemudian gosok dan keringkan.

Sisa-sisa adonan di loyang sehabis bikin kue bisa Kamu hilangkan dengan menaburkan bubuk baking soda ke permukaan loyang, kasih air hangat dan sabun cuci. Terus diamkan aja 15 menit, setelah itu baru cuci bersih.

Menghilangkan bau di sekitar rumah

Baking soda bisa juga lho membersihkan bau tidak sedap di sekitaran rumah. Untuk menghilangkan bau sampah, Kamu tinggal menaburkan baking soda di tempat sampah. Kamu juga bisa menyimpannya di kotak terbuka terus ditaruh di belakang kulkas untuk menetralisir bau makanan.

Bahkan, baking soda sebagai pengharum ruangan juga bisa lho. Tinggal taburkan baking soda di atas karpet, tunggu semalaman, dan keeseokan harinya tinggal sapu bersih.

Membersihkan toilet

Campuran seperempat cangkir baking soda dengan setengah cangkir cuka akan membuatnya menjadi cairan pembersih toilet. Tinggal Kamu siram seluruh bagian toilet dan diamkan selama 1,5 jam, setelah itu Kamu gosok dan bilas hingga bersih.

Membersihkan buah dan sayur

Bisa jadi produk yang Kamu beli di supermarket ada kotoran atau lapisan lilinnya, dan untuk membersihkannya Kamu tinggal merendam buah dan sayuran ke dalam larutan air dan baking soda.

Oh ya, fyi, Bahan ini juga bisa digunakan untuk menambahkan kesegaran bunga dalam ruangan lho. Caranya adalah dengan menambahkan satu sendok baking soda ke dalam pot bunga untuk memberikan alternatif makanan alami tumbuhan.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *