Tentunya pencahayaan yang pas bin cocok bisa bikin interior rumah jadi lebih mantab. Kalau terlalu gelap atau malah terlalu terang kan gak enak dipandang. Tidak terkecuali foyer, ini adalah salah satu area yang musti Kamu perhatikan pencahayaannya.

Oh ya, mungkin di Indonesia foyer/lobi belum begitu populer di Indonesia, tapi biasanya foyer ada di rumah-rumah gedongan alias rumah ukuran jumbo, hehe.

Nah, foyer sendiri adalah ruangan perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah seperti ruang tamu. Bayangin aja Kamu lagi di lobi kantor tapi itu ada di rumah orang, mungkin begitu ya gampangannya.

Jadi, sudah pasti dengan pencahayaan yang tepat Kamu bisa menciptakan sebuah kesan kepada para tamu yang datang berkunjung.

Jenis lampu pertama yang disarankan adalah lampu sorot. Kamu bisa memposisikannya di dekat pintu masuk untuk menyoroti elemen dekorasi di dalam foyer seperti patung budha berlapis emas, hiasan dinding, atau karya seni lainnya. Biar lebih optimal, Kamu bisa menempatkan lampu di langit-langit rumah.

Jenis lampu berikutnya yang cocok adalah lampu gantung. Lampu gantung yang desainnya mewah tentu bisa bikin area foyer Kamu jadi makin menawan, makin ciamik lah pokoknya.

Kamu bisa juga lho menggunakan lampu yang agak redup biar Kamu bisa dapat kesan misterius pada bagian interior rumah. Kamu bisa menggunakan lampu dinding bergaya Victoria yang umumnya menggunakan lampu dengan daya kecil jika area foyer dalam rumahmu tidak begitu besar.

Banyak sekali model lampu yang bisa Kamu pilih, mulai dari lampu yang terbuat dari rotan sampai lampu dinding modern. Tapi beda lagi ceritanya kalau Kamu pengen tampilan foyer yang lebih bersih dan sederhana, maka lampu lantai adalah jawabannya. Efek cahaya yang dihasilkan jelas berbeda dengan lampu dinding atau langit-langit sehingga terkesan unik.

Ingat, pemilihan jenis lampu harus sesuai dengan desain foyer serta materialnya. Misalnya, kalau material dominan di foyer Kamu adalah kayu, maka sebaiknya Kamu menggunakan lampu dinding untuk menonjolkan kesan etnik.

Seperti itulah wahai sobat-sobat griya.id, semoga bermanfaat. Ciao!

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *