Gak cuman miniatur, sekarang rumah juga bisa dicetak secara 3D lho. Adalah Mario Cucinella, seorang arsitek asal Italia yang belum lama ini telah meresmikan sebuah rumah cerak 3D pertamanya di Revenna, Italia.

Rumah ini memang dibangun dengan teknologi modern, tetapi dari segi desainnya mengikuti gaya arsitektur bangunan kuno dan bentuknya juga unik. Mario menamai rumah cetak ini dengan nama Tecla, namanya terinspirasi dari kota fiksi bernama Thekla karya penulis Italia Berbana Calvino .

Mario mengaku, Ia harus memanfaatkan setiap ruangan di dalam rumah semaksimal mungkin, maklum luasnya cuma 60 meter persegi jadi terbilang rumah minimalis.

“Ini adalah tugas yang cukup berat, Saya dengan sangat hato-hatio mengatur setiap detail ruangannya. Mulai dari bohlam ekterior berlipit hingga mterial yang kokoh dan berkelanjutan, bangunan terbilang simple sehingga tidak membutuhkan kerangka yang rumit,” ujar Mario.

Komponen utama rumah ini adalah tanah liat, tanah liat hasil kombinasi antara tanah dan air setempat yang keduanya merampingkan proses pembangunan dan memunculkan rasa kohesi antara eksterior dan interior rumah.

“Belum lagi, materi tersebut merupakan respon langsung terhadap perubahan iklim dunia,” kata Mario seperti dikutip dari Architecturaldigest, Selasa (15/06/2021).

Murah dan berkelanjutan

Mario sengaja memilih material tanah liat karena perubahan iklim. Mario menilai, setiap orang dapat membangun rumah dengan bahan alami, murah, dan berkelanjutan atau ramah terhadap lingkungan dengan menggunakan material tanah liat.

Elemen alami juga memiliki manfaat seperti dapat meminimalisir efek berbahaya dari produksi bahan bangunan sintetis umum serta masih banyak lagi manfaat bawaan elemen alami.

Tecla sendiri didesain dengan menyeimbangkan massa termal dan ventilasi dinding sehingga tidak perlu lagi menggunakan AC atau tungku, jadi makin ngirit kan.

Teknologi yang dipakai untuk membangun Tecla adalah mesin cetak 3D WASP, dan untuk bikin 1 unit Tecla ternyata gak lama guys, sekitar 200 jam alias cuma satu mingguan guys, wow mantab.

Di dalamnya Tecla memiliki satu kamar tidur, ruang tamu dan kamar mandi, interior Tecla berbentuk melengkung lembut dan minimalis, mewakili perubahan gaya klasik, neoklasik, romawi, dan barok.


Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *