Membeli rumah di usia berapapun tetaplah hal yang luar biasa, tidak terkecuali pada usia 40-an. Tetapi di usiamu yang sudah menginjak 40 tahun tentu adalah waktu di mana Kamu perlu banyak berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli rumah, banyak hal-hal yang harus Kamu perhatikan dan pertimbangkan.

Apa saja hal-hal yang harus Kamu perhatikan dan pertimbangkan ?

Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Fokus pada Gaya Hidup, Bukan Usia

Orang-orang yang telah memasuki usia 40-an dan memiliki keluarga pastinya memiliki kondisi gaya hidup yang berbeda-beda. Jumlah anak yang sudah dimiliki pun ternyata dapat berpengaruh terhadap keputusan seseorang ketika hendak membeli rumah.

Maka dari itu, buat Kamu-kamu yang sudah berusia 40-an sesuaikanlah dengan kondisi Kamu saat ini ketika memutuskan untuk membeli rumah.

Pilihlah rumah dengan ukuran yang lebih besar apabila pada saat membeli rumah anak-anak masih tinggal bersama. Sebaliknya juga begitu, apabila anak-anak sudah tidak tinggal serumah maka pilihlah rumah dengan ukuran yang mungil tetapi tetap nyaman untuk ditempati.

2. Pilih KPR dengan Tenor Singkat

Umumnya, kemampuan finansial orang-orang yang berusia 40-an tahun cenderung lebih stabil. Sehingga dengan tabungan yang lebih dari cukup dan segala kebutuhan yang sudah mulai terpenuhi bisa bikin Kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Oleh karena itu, pilihan KPR yang dinilai lebih sesuai cocok buat Kamu-kamu yang berusia 40-an adalah KPR dengan tenor singkat.

Walaupun memang KPR dengan tenor singkat pasti memiliki jumlah DP dan cicilan yang tergolong besar, tetapi semuanya bisa dilunasi dengan lebih cepat karena Kamu sudah memiliki modal yang cukup.

3. Beli Rumah Sebagai Investasi

Di usia yang sudah mendekati masa pensiun, sebagian orang dengan usia 40-an mungkin saja sudah mampu untuk membeli rumah kedua.

Apabila Kamu berada pada posisi seperti ini, Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah kedua untuk investasi.

Kamu bisa menggunakan rumah kedua tersebut sebagai kontrakan, kos-kosan, homestay, atau bahkan menyewakannya sebagai tempat usaha. Dengan begitu pundi-pundi rupiah pun dapat mengalir ke kantongmu

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *