Belum lama ini di jagad dunia maya Endonesah, terutama di platform-nya si burung biru lagi rame-ramenya perkara soal sengketa lahan antara PT Sentul City Tbk vs Rocky Gerung.

Ternyata oh ternyata, hal semacam ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Jadi, sebelum-sebelumnya hal-hal seperti sengketa lahan ini sudah buanyaakk sekali terjadi, penyebabnya pun juga bermacam-macam.

Kira-kira, kok bisa ya ada sengketa lahan ?

Untuk mengetahui jawabannya, mari Kita menilik ungkapan Yulia Jaya Nirmawati selaku Kepala Biro Humas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Menurut blio, sebagaimana laporan yang masuk ke BPN, sengketa lahan di antaranya disebabkan oleh adanya penyerobotan lahan. Penyerobotan lahan bisa terjadi lantaran lahan tersebut tidak dijaga oleh pemiliknya.

“Kasus penyerobotan, sudah beli, sudah punya sertifikat diduduki orang, itu ada. Itu kenapa, karena tanahnya tidak dijaga, tidak dipelihara, ditelantarkan,” ungkapnya kepada detikcom, Minggu (19/9/2012).

Maka dari itu, blio berpesan, tanah yang dibeli sudah seharusnya dimanfaatkan dan dijaga, gak cuma didiemin begitu aja, kayak pesan pribadi gue ke doi aja didiemin. Duh, hiks-hiks.

“Kalau mereka itu punya tanah, tanahnya dipelihara, ditempati, dipagari, digunakan sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, dia gunakan untuk membangun perumahan, ya bangun perumahan,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga sengketa lahan karena orang yang membeli lahan tersebut hanya membelinya ‘di atas kertas’ saja. Maksudnya, si pembeli tidak pernah melihat lahan tersebut secara fisik, gak pernah datang ke lokasi. Lalu, ada juga masalah sengketa tanah yang muncul gara-gara persoalan warisan.

Yulia juga menambahkan, ada juga masalah sengketa tanah yang muncul karena memang ada orang-orang nakal di dalamnya. Jadi, memang ada oknum yang dengan sengaja melakukan penipuan.

“Ada kenakalan-kenakalan pihak-pihak lain misalnya, sengaja memalsukan dan sebagainya,” imbuhnya.

Jadi hati-hati ya guys, buat Kamu yang punya lahan kosong yang tak terurus, monggo segera dirawat, segera diamankan, cek lagi surat-suratnya, biar tidak terjadi hal-hal yang merugikan kedepannya.

Disadur dari detik.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *