Jenis material untuk atap bangunan memang makin banyak. Salah satunya adalah asbes, asbes adalah material atap yang paling banyak digunakan lantaran memang memiliki banyak keuntungan dalam proses pembangunan rumah.

Dari segi biaya misalnya, harganya paling murah ketimbang material lain seperti seng, tanah liat, atau beton. Dari segi pemasangan juga, bahannya ringan jadi tidak perlu banyak orang untuk memasangnya. Dari segi waktu pun asbes akan lebih cepat dan sederhana ketimbang genteng yang harus dipasang satu-satu.

Namun, siapa sangka ternyata di balik segala keuntungannya, asbes juga menyimpan sebuah ancaman bagi kesehatan. Waduh, ada gerangan apakah ini ? Biar gak penasaran, coba deh simak baik-baik ulasan di bawah ini!

Material asbes lah yang membuatnya berbahaya

Material asbes terbuat dari mineral silica yang bentuknya serat-serat kecil dan halus yang kalau beterbangan di udara dan terhirup oleh Kita dalam jangka panjang bisa berbahaya bagi kesehatan Kita.

Berbahaya jika masuk ke dalam tubuh melalui cara inhalasi

Ternyata, asbes yang terhirup bisa menyebabkan asbestosi (timbulnya jaringan parut di paru-paru), kanker paru-paru, hingga mesothelioma (kanker ganas yang menyerang selaput mesothelium). Waduh, serem juga yak.

Semakin banyak serta yang terhirup makin besar pula risiko penyakit ini menyerang. Dan ternyata risiko kanker paru-paru akibat menghirup serta asbes ini lebih besar ketimbang dengan asap rokok.

Lalu, apakah sebaiknya Kita tidak usah menggunakan atap asbes?

Ternyata, orang yang atap rumahnya terbuat dari material asbes bukanlah orang yang paling terpapar bahaya dari seratnya tersebut, melainkan orang yang sangat berisiko terkena gangguan kesehatan akibat asbes umumnya adalah orang-orang yang bekerja di pertambangan atau industri.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi paparan dari serat asbes

Tapi tenang aja guys, masih ada cara untuk mengurangi paparan dari serat asbes diantaranya yaitu:

  • Menutup asbes dengan terpal untuk menghindari paparan cuaca
  • Berikan batas antara asbes dengan ruangan dalam rumah
  • Mengganti lembaran asbes yang rusak dan berlubang

Jadi demikianlah ulasan Kami, semoga bermanfaat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *