Dinding lembab memang paling jago bikin emosi, cat tembok jadi terkelupas, tumbuh jamur, mau dipasang wallpaper kok rasanya mustahil.

Sejatinya memasang wallpaper memang tidak bisa asal tempel gitu aja, ada beberapa hal yang harus dipenuhi seperti kondisi dinding kering dan sehat, tidak lembab, tidak ada retakan, rata dan bukan permukaan kaca.

Namun, sebenarnya dinding lembap tetep bisa kok dipasang wallpaper. Simak triknya berikut ini!

Persiapan Memasang Wallpaper

1. Cari Sumber Kelembapan

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencari sumber penyebab kelembapan. Bisa jadi karena ada kebocoran dan air pun merembes ke dinding. Karena itu cek plafon rumah dan saluran air sekitar dinding yang lembap.

Atau bisa juga karena air tanah yang merembes ke dinding. Cobalah untuk mengecek kondisi tanah di sekitar rumahmu.

2. Perbaiki Atap Rumah

Jika penyebabnya adalah air yang merembes dari atas, untuk mengatasinya maka Kamu harus memperbaiki atap rumahmu. Kerusakan atap rumah biasanya terjadi akibat dari curah hujan yang tinggi. Sebaiknya Kamu menyerahkan urusan perbaikan atap kepada ahlinya mengingat risikonya tinggi.

3. Lapisi Bahan Waterproof

Jika sumber masalahnya adalah air tanah maka Kamu bisa menggunakan cat waterproof pada dinding rumahmu. Berbeda dengan atap rusak yang bisa diperbaiki, kelembapan tanah kan tidak bisa diperbaiki. Maka dari itu langkah yang tepat adalah melapisi dinding dengan cat waterproof.

4. Pasang Partisi Tambahan 

Kalau cara-cara di atas belum berhasil juga, Kamu bisa menambahkan partisi tambahan untuk menghalau kelembapan. Partisi tambahan yang berfungsi mencegah kelembapan kerap disebut dengan partisi bayangan. Partisi bayangan ini biasanya terbuat dari triplek atau gypsum.

Wallpaper untuk Dinding Lembab Berbahan Tahan Air

Saat ini wallpaper tahan air sudah banyak tersedia di pasaran. Biasanya wallpaper tahan air terbuat dari fiberglass atau vinyl. Wallpaper vinyl layak kamu pertimbangkan karena memiliki daya tahan dan kemampuannya untuk membuat ruangan makin cantik, .

Seiring perkembangan zaman, wallpaper vinyl semakin beragam dengan motif-motif yang tentunya tidak kalah menarik dari wallpaper kertas.

Kelebihan wallpaper vinyl adalah sebagai berikut:

  • Bisa dibersihkan dengan cairan pembersih.
  • Tidak mudah robek;
  • Tidak bejamur;
  • Tahan air;
  • Tidak mudah kotor;

Semoga artikel ini bermanfaat ya guys!

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *