Adanya Wallpaper yang terpasang di dinding rumah pasti bikin ruangan tampak lebih berkesan dan ciamik karena tampilannya yang unik. Belakangan ini sudah banyak lho warga negeri plusnemdua ini yang memasang wallpaper.

Tapi sayangnya, material wallpaper itu rentan, kerap kali mudah rusah atau terkelupas ketika dipasang. Kalau sudah begini kan dindingnya malah kelihatan wagu, aneh wae ngono.

Kalau Kamu mengalami hal yang seperti itu, Kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini!

1. Memotong Wallpaper yang Terkelupas

Pertama kali yang harus Kamu lakukan adalah memotong wallpaper yang terkelupas/rusak dengan cutter. Potong sampai bagian permukaan dinding tampak dan Kamu bisa melihat penyebab rusaknya wallpaper

2. Periksa Keseluruhan Kondisi Dinding

Biasanya wallpaper terkelupas karena kondisi dinding yang kurang optimal, jadi perhatikan kondisi dinding rumahmu. Dinding yang lembap, rembes, basah, dan berjamur memang bisa bikin wallpaper menjadi rusak.

Terlebih dahulu pastikan kamu mengetahui masalah pada dinding sebelum Kamu memperbaiki wallpaper.

3. Bersihkan Permukaan Dinding

Setelah dinding beres, Kamu bisa mulai memasang wallpaper-nya. Mula-mula bersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran yang menempel dengan spons basah atau kain lap dan membasuhnya. Setelah itu tunggu sampai kering.

4. Mengoleskan Kembali Lem

Setelah kering, Kamu bisa mengoleskan lem wallpaper pada dinding. Pastikan lemnya sesuai dengan wallpapermu, lem kain untuk wallpaper kain dan lem kertas untuk wallpaper kertas, jangan kebalik.

Oleskan juga lem pada bagian belakang wallpaper kemudian tempelkan wallpaper dengan hati-hati. Gunakan spons untuk menekan wallpaper agar materialnya dapat menempel dengan kuat dan pastikan pemasangan berasal dari tengah ke ujung agar wallpaper tidak menggelembung.

5. Mengeringkan Wallpaper

Setelah tertempel buka semua pintu dan jendela untuk mengerikan wallpaper. Kamu juga bisa menggunakan kipas angin yang diarahkan ke bagian wallpaper yang telah ditambal untuk mempercepat pengeringan lem wallpaper.

Oh ya, jangan membuat wallpaper basah atau lembap karena hal ini bisa membuat daya rekat lem melemah dan wallpaper mengelupas.

Cara Mengakali Wallpaper yang Menggelembung

Salah satu masalah yang sering dijumpai ketika memasang wallpaper adalah wallpaper-nya menggelembung. Ini bisa terjadi karena lem yang dioleskan kurang merata sehingga ada udara yang terjebak. Tapi tenang aja, cara untuk mengakalinya cukup mudah kok.

Pertama, gunakan cutter untuk memotong menyilang pada bagian wallpaper yang menggelembung. Tekan bagian wallpaper yang menggelembung dengan kain yang digosok dengan cara memutar. Gosok terus bagian wallpaper tersebut sampai wallpaper merata dan gelembung udaranya hilang.

Demikianlah caranya, semoga bermanfaat.

Disadur dari 99.co


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *