Ketika hendak membangun rumah menggunakan bata ringan/hebel pasti timbul pertanyaan “berapa banyak yang dibutuhkan ?”. Hal ini lumrah karena apabila perhitungannya meleset maka biayanya akan membengkak, belum lagi soal tempat untuk menyimpan sisa material. Waduh, tambah mumet to.

Tapi Kamu tenang aja, Kita ada nih cara menghitung total kubik bata ringan yang dibutuhkan, cekidot skuy!

Cara menentukan berapa kubik bata ringan yang dibutuhkan

1. Kenali dimensi bata

Ukuran bata yang dijual di pasaran beragam, tetapi biasanya bata ringan memiliki panjang 60 cm dan tinggi 20 cm. Yang membedakan jenis bata ringan antara satu dengan lain biasanya dari ketebalannya. Mulai dari ketebalan 7,5 cm, 10 cm, 12,5 cm hingga 20 cm.

Yang umum digunakan untuk hunian adalah ketebalan 7,5 cm dan 10 cm. Ukuran selebihnya biasa digunakan untuk pabrik maupun gedung bertingkat.

2. Tentukan dimensi ruangan

Kamu harus tahu dimensi ruangan yang akan dibuat, berapa panjang, lebar dan tingginya. Dari situ Kamu bisa menghitungnya dan menemukan berapa kubik bata ringan yang diperlukan.

3. Cara hitung banyak bata ringan yang dibutuhkan

Jangan salah kaprah ketika melakukan perhitungan, kesalahan yang kerap dilakukan adalah menghitung volume ruangan yang telah dibentuk. Padahal yang dibutuhkan adalah menghitung keliling tembok.

Kita asumsikan ruangan yang dibangun memiliki 2 sisi yang sama ukurannya. Maka, rumus menghitung keliling tembok adalah sebagai berikut:

Keliling tembok hebel = 2 x ((panjang x tinggi) + (lebar x tinggi))

Misalkan dimensi ruanganmu adalah panjang 6 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 4 meter maka Kamu membutuhkan tembok sepanjang 72 m2.

Selanjutnya Kamu tinggal membagi kubikasi bata agar Kamu bisa menghitung berapa banyak hebel yang Kamu butuhkan. Rumusnya sebagai berikut:

Satu (1) kubik bata ringan setara dengan:

Ketebalan BataJumlah BataLuas Dinding (m2)
7,5 cm11113.33
10 cm8310

Sekarang Kamu tinggal membagi luasan yang telah Kamu hitung sebelumnya dengan luasan bata ringan per kubik sehingga tahu berapa banyak bata ringan yang dibutuhkan. Pastikan Kamu menggunakan luasan yang tepat dibandingkan dengan ketebalan bata yang diinginkan. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Kebutuhan kubik bata ringan = keliling tembok hebel : luas dinding per 1 kubik

Dengan keliling tembok 72 m2 maka Kamu membutuhkan bata tebal 7,5 cm sebanyak 5.4 kubik atau bata tebal 10 cm sebanyak 7,2 kubik.

Kamu juga bisa menghitung jumlah bata yang dibutuhkan dengan rumus yang sama. Untuk bata ringan setebal 7,5 cm Kamu membutuhkan 600 pcs, sedangkan untuk bata ringan 10 cm Kamu membutuhkan 598 pcs bata ringan.

Disadur dari blessconbataringan.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *