Buat Kamu yang tinggal di perkotaan, tentu apartemen bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk alternatif hunian. Selain ukurannya yang kecil dan gampang diurus, apartemen juga memiliki beragam fasilitas yang dibutuhkan oleh para penghuninya.

Sebut saja misalnya seperti jogging track, area kebugaran, kolam renang, children playground, keamanan, dan masih banyak lagi lainnya. Cocok sekali kan buat Kamu yang aktif dan progresif. Tapi ingat, Kamu tetap harus hati-hati lho dalam memilih apartemen agar mendapatkan apartemen yang paling ideal.

Biar Kamu gak ketipu, simak beberapa hal ini yang perlu Kamu ketahui dalam memilih apartemen:

1. Lokasi

Lokasi adalah aspek yang paling penting yang harus Kamu pertimbangkan, baik itu rumah, apartemen, kos-kosan, dll. Kalau Kamu pengen tidak membuang banyak untuk berangkat ke kantor misalnya, ya tentu Kamu harus mencari lokasi apartemen yang berdekatan dengan tempat kerja.

Oh ya, jangan lupa soal potensi lalu lintas di area tersebut selama jam sibuk. Bisa jadi kan yang harusnya ditempuh 10 menit, eh bisa sampai 2 jam gara-gara macet, hadeuh gak banget deh.

2. Sesuaikan kebutuhan

Biasanya, tipe dan tata letak ruangan apartemen yang dijual di pasaran berbeda-beda. Karena itulah, cobalah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ketika Kamu memilih unit apartemen.

Jika Kamu lebih sering WFH (Work From Home), cobalah untuk memilih apartemen yang memiliki area khusus untuk Kamu bekerja, ruangan yang bisa dijadikan kantor misalnya.

Beda lagi jika Kamu memiliki keluarga besar, pilihlah apartemen yang ukurannya besar sehingga seluruh anggota keluarga bisa tinggal dengan nyaman.

3. Kemampuan

Tidak hanya kebutuhan, Kamu juga perlu mempertimbangkan faktor kemampuan ketika memilih apartemen, apakah mau menyewa dulu atau langsung beli.

Ingat, Kamu juga harus memasukkan pengeluaran bulanan lainnya ketika Kamu mengevaluasi total biaya biar Kamu nantinya tidak keteteran dalam membayar unit apartemen.

4. Bergerak cepat

Jika Kamu telah mempertimbangkan segalanya dan dirasa cocok, tidak ada salahnya untuk bergerak cepat melakukan pemesanan. Dengan begitu, apartemen incaranmu tidak keburu diambil orang, macam jodoh aja ya diambil orang hehe.

Demikian tipsnya, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *