Kini banyak investor yang memilih berinvestasi di apartemen. Salah satu alasannya adalah karena Rental yield atau nilai sewa apartemen lebih baik ketimbang rumah. Capital gain atau nilai kenaikan harganya pun juga lebih tinggi.

Dari sisi penyewa pun apartemen memiliki keunggulan ketimbang rumah, kontrakan, atau kos-kosan. Mulai dari lokasinya yang strategis, fasilitas lengkap, keamanan, dan privasi.

Nah, buat Kamu nih yang mau menyewakan unit apartemenmu, cek ulasan artikel berikut ini!

Cara Menyewakan Apartemen Secara Mudah 

1. Lakukan Sendiri

Kamu bisa memasarkannya sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga seperti agen properti misalnya. Biasanya apartemen yang boleh dipasarkan sendiri adalah unit apartemen yang jumlahnya banyak dalam satu tower.

Untuk menawarkannya, Kamu bisa memanfaatkan situs-situs properti atau lewat jejaring yang Kamu punya. Tetapi, Kamu harus melakukan semuanya sendirian lho, mulai dari mencari penyewa, menyeleksi penyewa, sampai menerima pembayaran.

2. Menggunakan Jasa Agen Properti

Semisal Kamu punya sejumlah unit properti yang tipenya beragam dan lokasinya berlainan, ada baiknya Kamu memanfaatkan jasa agen properti.

Merekalah yang akan mencari penyewa sekaligus mengurus hal-hal lainnya seperti dokumen, pembayaran, hingga perawatan. Agen properti pun biasanya punya pengetahuan soal kawasan hingga calon penyewa. Kamu tinggal duduk manis saja dapat duit.

3. Memanfaatkan Perusahaan yang Dibentuk oleh Developer

Ada beberapa developer yang memiliki unit usaha yang membantu pengelolaan unit apartemen yang sudah didirikan. Developer ingin membantu investor atau pemilik menyewakan unitnya lantaran tidak sedang menempatinya.

Kamu bisa memanfaatkan unit usaha seperti ini, tentu dengan manajemen yang profesional akan memudahkanmu dalam menyewakan unit apartemenmu. Terus, Kamu tinggal ongkang-ongkang di rumah dapat duit, hehe.

Tapi memang sih gak semua ada, biasanya pengelolaan semacam ini untuk apartemen kelas menengah atas. Developer pun juga pastinya menyasar target market mereka.

4. Menggunakan Jasa Perhotelan

Ada sejumlah kawasan superblok yang terdiri dari kantor, apartemen, hotel, pusat perbelanjaan, hingga pusat komersial. Terkadang, pihak hotel menawarkan penyewaan unit apartemen layaknya kamar hotel berbintang.

Biasanya okupansi atau tingkat keterisian akan tinggi jika unit apartemen berada di kawasan bisnis atau industri. Kalau Hotel sudah penuh, maka hotel bisa mengalihkannya ke unit apartemen. Dan Kamu pun tinggal menerima hasilnya saja.

Demikianlah ulasan artikel ini, semoga bermanfaat.

Disadur dari rumah123.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *