Pagar adalah salah satu bagian luar rumah atau eksterior yang tidak hanya dibuat demi alasan keamanan saja, tetapi juga alasan estetika rumah secara keseluruhan.

Banyak material yang bisa digunakan untuk membuat pagar seperti kayu, besi, hingga batu bata. Batu bata sendiri ternyata cukup populer lho di luar negeri.

Kalau Kamu tertarik dengan pagar rumah yang terbuat dari material batu bata, cek beberapa kelebihan batu bata ketimbang material-material lainnya.

1. Kuat dan tahan lama

Pagar yang terbuat dari material batu bata terbilang kuat dan tahan lama. Dengan begitu Kamu tidak perlu melakukan perbaikan pagar lebih sering. Tetapi, pastikan dulu Kamu telah melapisinya dengan cat tahan air sehingga pagar batu bata milikmu menjadi lebih tahan lama dan tidak gampang tumbuh jamur.

2. Mudah disesuaikan dengan desain pagar

Batu bata merupakan material yang sangat berguna dan memungkinkan Kamu untuk memasukkan elemen lain atau material lainnya pada desain pagar. Misalnya seperti balok kayu, alumunium, dan besi.

Terdapat berbagai macam ukuran dan warna batu bata yang tersedia di pasaran sehingga Kamu bisa menyesuaikan dengan pola desain pagar yang Kamu kehendaki.

3. Bagus untuk privasi dan isolasi suara

Pagar bata sendiri ada 2 jenis. Tipe pertama memungkinkan visibilitas melalui pilar bata yang dihubungkan dengan panel besi atau kayu supaya tampak seperti pagar tradisional.

Sedangkan tipe kedua adalah dinding bata kecil, juga dikenal sebagai pagar bata tertutup sehingga tidak memiliki celah atau variasi.

Pagar bata tipe kedua ini sangat ideal untuk privasi karena dapat memisahkan interior dari lingkungan luas secara utuh. Pagar ini juga sanggup untuk meredam kebisingan secara efektif dan sangat bermanfaat bagi yang rumahnya berada di tepi jalan yang ramai.

4. Material ramah lingkungan

Proses produksi batu bata menghasilkan emisi karbon rendah sehingga eco friendly alias ramah lingkungan, ditambah lagi harganya yang relatif murah.

Pagar dari batu bata juga terbilang sangat hemat ketika Kamu ingin menghancurkannya dan mengganti pagar dengan material lainnya.

Pagar batu bata banyak digunakan untuk proyek-proyek berkelanjutan karena awet dan mudah dirawat, terutama untuk pada konstruksi komersial yang ingin menerapkan konsep green building.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *