Salah satu material yang kerap digunakan untuk membuat pagar rumah adalah logam. Keunggulan pagar berbahan logam di antaranya adalah kuat serta menawarkan aspek estetika yang ciamik.

Sayangnya, masalah utama dari pagar yang terbuat dari logam ini, sama seperti logam pada umumnya, yaitu masalah rentan terkena karat. Karat akan muncul ketika logam teroksidasi saat terpapar oleh air dan oksigen.

Namun, santai saja tak perlu panik, Kamu bisa membuat pagar besimu yang saat ini berkarat untuk bisa terlihat seperti baru kembali.

Pertama-tama yang harus Kamu lakukan adalah mempersiapkan permukaan pagar agar bersih kembali sebelum Kamu mengecat ulang, Kamu bisa menggunakan sikat kawat atau amplas.

Pastikan Kamu menjangkau semua bagian pagar termasuk pada sisi-sisi yang sulit dijangkau ketika melakukan proses pembersihan. Ingat, jika tidak dipersiapkan dengan baik sebelum Kamu mengecatnya, bisa-bisa malah karat akan muncul kembali dalam waktu yang singkat.

Langkah berikutnya adalah dengan menyemprotkan seluruh permukaan pagar dengan cairan peluntur, cairan ini bisa Kamu dapatkan di toko bahan kimia. Semprotkan sampai karatnya benar-benar tidak tersisa, pastikan juga Kamu menggunakan masker dan sarung tangan supaya tetap aman.

Setelah semua karat sudah luntur, diamkan dahulu agar benar-benar kering dan tidak berdebu baru kemudian Kamu melapisinya dengan cat. Gunakan cat anti karat atau cat logam yang sanggup bertahan terhadap segala cuaca.

Dalam proses pengecatan pagar, buatlah dua lapisan cat pada pagar. Pastikan semua lubang pada pagar dapat tertutup dengan sempurna pada lapisan cat pertama atau cat primer. Kemudian, lapisan cat kedua untuk tampilan akhir yang lebih sempurna dan ciamik.

Begitulah caranya, gampang kan, semoga bermanfaat.

Disadur dari kompas.com


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *